Nov 13, 2014

Cara Memperbaiki Aki Kering

Tutorial cara memperbaiki aki kering

Aki kering yang dipakai pada sepeda motor sebenarnya aki jenis MF (maintenance free) atau aki yang tidak memerlukan perbaikan, maksudnya tidak perlu diisi ulang.  Aki kering gampang sekali mati apabila dipakai untuk menghidupkan alat elektronik, mesin dengan kapasitas besar melebihi kapasitas aki kering itu sendiri.  Umumnya aki kering pada sepeda motor mempunyai kapasitas 12V 10AH.  Aki kering ini apabila dalam kondisi terisi penuh oke-oke saja bila digunakan untuk menghidupkan motor stater yang membutuhkan daya besar.  Tapi bila motor jarang dipakai atau dipakai tapi kurang dari 5 km perharinya atau tidak dipakai dalam waktu relatif lama (lebih dari 2 hari) secara otomatis aki tersebut tidak mendapat supply energi listrik (setrum/charge).  Apabila dipaksakan untuk menghidupkan motor stater, pasti motor stater tidak akan langsung bisa hidup. Butuh beberapa kali menekan tombol stater,  baru motor stater bisa hidup, atau malah tidak bisa hidup sama sekali dan dibutuhkan tenaga ekstra  menggunakan pedal kick stater untuk menghidupkan mesin.

Aki kering didesign sedemikian rupa untuk sekali pakai.  Artinya apabila sudah mati maka aki harus diganti dengan aki yang baru.  Tidak seperti halnya aki basah yang bisa diisi ulang dan disetrum lagi.  Aki kering pada dasarnya sama seperti aki basah, yang membedakan pada kemasannya.  Kalau aki basah elektrolitnya bisa menguap keluar karena ada lubang saluran pembuangan udara.  Sedangkan aki kering elektrolitnya tidak bisa menguap keluar karena tidak ada saluran pembuangan udara, tapi uap elektrolit akan kembali mengisi bak penampungan elektrolit karena designnya dibuat tidak memerlukan perbaikan.  Apabila lempeng tembaga/atau seng di dalamnya sudah tidak mampu lagi mengalirkan arus listrik akibat dari penggunaan yang melebihi kapasitasnya, maka aki kering tersebut dikatakan telah mati. Aki kering yang telah mati sebenarnya tidak bisa diperbaiki. 

Lantas apa yang bisa kita lakukan apabila kita mempunyai aki kering yang telah mati? Jangan dirongsok!
Berikut tips untuk memperbaikinya, kata yang lebih tepat "mengakalinya".
  1. Buka penutup elektrolitnya biasanya ada 2 lubang, beda merek beda letak lubangnya
  2. Isi kedua lubang elektrolit tersebut dengan H2SO4 (accu zurr) cukup setengahnya saja jangan sampai penuh
  3. Tutup kembali lubangnya dengan rapat tidak perlu dilem
  4. Charge/setrum dengan adaptor 15 V, biasanya beberapa menit kemudian penutup lubang elektrolitnya akan meletup karena tekanan uap dalam aki
  5. Hentikan charge, tutup kembali penutup lubang elektrolit yang meletup tadi
  6. Aki siap dipasang pada sepeda motor, tapi ingat jangan langsung digunakan untuk menghidupkan motor stater, gunakan kick stater dahulu untuk menghidupkan mesin
  7. Setelah beberapa jam motor digunakan secara otomatis akan mengisi setrum aki, cobalah untuk menghidupkan mesin menggunakan motor stater, biasanya berhasil
  8. Bila aki lemot lagi ulangi langkah dari awal
Cara memperbaiki aki basah
Cara memperbaiki lampu hemat energi
Tutorial membuat inverter DC 12V to AC 220V 
Power Supply untuk menyetrom aki
Memperbaiki Honda REVO stang bunyi jedog
Memperbaiki Honda REVO terasa melompat saat masuk gigi 1
Mengganti oli manual
Mengatasi mesin susah hidup saat mesin dingin
Mengatasi elektrik stater kurang jreng


Kerjasama plasma inti budidaya jahe gajah
Suppliers and Exporters 

2 comments:

  1. Pk sy pernah coba hal diatas...tpi hasilnya krng mxml...stelah itu sengaja sy hbiskn arus akiny smp titik 0.kmudian sy hubngkn dg motoran mainan yg agk bsar...llu sy putar 3x..hasilnya motr itu bs jalan semakin cepat dn gk habis2...knp itu bs terjdi y pk...tlong ksih penjelasanya...mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya tidak tahu design motor mainan anda seperti apa, apa menggunakan baterai atau menggunakan putaran per, atau ada dinamo kecil didalamnya. Dugaan saya motor mainan tersebut ada per dan dinamo kecil didalamnya. Saat anda memutar bagian motor tersebut 3x, per tersebut akan memberikan energi potensial yang menghasilkan arah putaran sebaliknya yang lebih besar, akibatnya dinamo di dalamnya menghasilkan listrik dan mengisi aki yang kosong tersebut. Karena aki mempunyai voltase dan ampere yang lebih besar maka motor mainan tersebut dapat berputar lebih kencang dan lebih lama.

      Delete