Oct 25, 2014

Cara Membuat Inverter DC 12 Volt To AC 220 Volt Bagi Pemula

Tutorial membuat inverter sederhana 12 Volt DC To 220 Volt AC bagi pemula.
Cara membuat inverter sederhana dengan biaya terjangkau.

Inverter dipakai untuk mengubah arus listrik DC dari aki menjadi arus listrik seperti PLN. Inverter ini bisa dipakai sebagai emergency listrik saat listrik PLN mati, atau bisa juga dipakai sebagai pengubah arus listrik DC dari pembangkit listrik tenaga matahari (solar cell).

Skema inverter di bawah ini hanya sebagai bahan eksperimen, bukan untuk pemakaian alat elektronik dengan watt besar.

Komponen-komponen elektronik yang diperlukan:
  1. Aki 12 Volt, contoh perhitungan keluarannya (output): aki 12 Volt 10AH artinya output maksimalnya hanya 120 watt selama 1jam, namun efisiensinya sekitar 40 - 60 watt selama 1jam. Solusinya jika ingin memperbesar keluaran, maka aki harus diparalel tujuannya supaya hambatan dalamnya menjadi kecil sedangkan arusnya meningkat.  Pada eksperimen saya menggunakan 2 buah aki 12V 10AH dirangkai paralel, hasil outputnya lebih bagus bila dibanding menggunakan 1 buah aki 12V 20AH.  Dioda 3 Ampere dan sekring (Fuse) 4 Ampere juga saya gunakan untuk membatasi arus DC sebelum masuk ke center tap (CT) trafo dan kemudian masuk ke colector transistor.  Dalam memberi tambahan dioda dan sekring sebaiknya sesuaikan dengan kapasitas transistor yang dipakai, tujuannya supaya transistor tidak mati, selain itu juga sesuaikan dengan kebutuhan listriknya untuk peralatan apa dan berapa lama pemakaiannya.  Semakin besar kapasitas dioda yang dipakai maka arus listrik dari aki yang diserap juga semakin besar dan tentunya aki akan cepat kehabisan setrom.
  2. Trafo step-up 12 V to 220 V dengan CT (center tap), kalo punya inverter bekas yang sudah mati, ambil saja trafonya.  Bila susah mencari trafo step-up, bisa diganti trafo step down 220 V to 12 V minimal 5 Ampere (semakin besar amperenya semakin besar daya outputnya), tapi pemasangan input outputnya dibalik.  Output dijadikan input, input dijadikan output.  Dan usahakan trafo step-downnya ada CTnya atau kalau tidak, keluaran aslinya ada 3 kabel 0V, 6V, 12 V.  Nantinya output 6V nya dijadikan sebagai CT.  Bila ingin merakit trafo step up sendiri, gunakan rumus dari file berikut ini untuk menghitung jumlah lilitan trafo agar menghasilkan frekuensi 50hz - 60 hz.
  3. Transistor jenis NPN seri C3460 (6A), D1885 (5A) atau yang lain, transistor ini biasa dipakai pada transistor horizontal tabung monitor CRT, (alasan saya menggunakan transistor di atas karena mudah didapat di daerah saya) silahkan bereksperimen sendiri menggunakan transistor yang lain.  Sebagai perbandingan kebanyakan inverter dipasaran menggunakan transistor NPN 2N3055 (15A), MJ15003G (20A) atau PNP MJ2955 (15A), MJ15004G (20A) atau Mosfet IRFZ44N (41A). Sebaiknya beri heatsink pada saat pemasangan transistor untuk mengurangi panas yang timbul.  Bila tanpa menggunakan heatsink, usahakan arus yang masuk ke colector dan basis dibawah kapasitas maksimal colector dan basis transistor yang dipakai.  Contoh data yang saya peroleh untuk transistor MJ15003G dan MJ15004G, kapasitas maksimal arus yang dapat melalui colector 20 Ampere, basis 5 Ampere dan colector 25 Ampere.  Bila arus yang melewati colector 10 Ampere, basis 3 Ampere dan emitor 13 Ampere, transistor MJ15003G dan MJ15004G aman-aman saja tidak akan kepanasan meski tidak menggunakan heatsink.  Perlu diketahui juga dalam memilih transistor yang dipakai perhatikan faktor disipasi (penyerapan) dayanya, semakin besar disipasi dayanya semakin cepat habis setrom akinya.  Data yang saya peroleh transistor C3460 dan D1885 disipasi dayanya 100 - 110 watt, 2N3055 dan MJ2955 disipasi dayanya 180 watt, MJ15003G dan MJ15004G disipasi dayanya 210 - 225 watt.  Untuk lebih jelas mengenai macam-macam transistor kunjungi website ini http://alltransistors.com/
  4. Resistor 1K - 5K ohm, idealnya pakai resistor di bawah 1K ohm tapi yang wattnya besar. Semakin kecil hambatannya, kuat arus yang masuk ke basis transistor semakin besar sehingga kuat arus keluarannya semakin besar pula, tetapi transistor akan cepat panas.  Jangan pakai resistor di bawah 1 K biasa (watt kecil), gampang hangus/terbakar.  Perhitungan dayanya (P) sebagai berikut:  P = V x V/R, misal: resistor 1 K ohm dengan voltase aki 12 V, maka P = 12 x 12/1000 = 0,144 watt, artinya daya yang diserap resistor 1 K ohm sebesar 0,144 watt, oleh karenanya bisa menggunakan resistor 1 K ohm / 1/4 watt
  5. Kapasitor mika/metal film 8 uf 400 V, kapasitas yang lebih besar tegangan outputnya akan lebih besar.  Kapasitor besar yang biasa dipakai untuk pompa air juga baik digunakan untuk rangkaian ini.  Fungsi kapasitor untuk memfilter naik-turunnya arus input dan melindungi resistor dari panas berlebihan.  Ingat jangan gunakan kapasitor elco, bisa meledak.
  6. Dioda 1N5406 (3A) atau seri yang lain sesuaikan dengan kapasitas transistor yang dipakai. Fungsinya untuk menahan arus yang masuk ke emitor dioda, dan memberi arus panjar mundur pada basis transistor sekaligus melindungi transistor supaya tidak terlalu panas.
  7. Rangkaian filter frekuensi pada output yang terdiri dari resistor dan kapasitor non polar (mika/keramik).  Nilai hambatan resistor 1000 ohm dan kapasitor 0,37 uf atau resistor 10Kohm dan kapasitor 0,037 uf
Komponen di atas sudah saya ganti berdasarkan eksperimen saya, namun skema rangkaian inverter tetap sama dengan gambar di bawah.

Skema inverter sederhana DC 12 Volt to AC 220 Volt



Untuk meningkatkan tegangan keluaran, rangkaian inverter di sebelah kiri trafo masing-masing komponen dibuat rangkap 2 atau lebih sesuai kebutuhan tegangan outputnya (hati-hati tegangannya meningkat signifikan sampai ribuan Volt).  Meskipun tegangan outputnya sangat tinggi tetapi sesudah diberi beban, tegangan akan turun drastis (drop), ini masalah klasik dalam membuat inverter menggunakan transistor dan trafo.  Jadi silahkan bereksperimen sendiri untuk mendapatkan tegangan ideal 220 V dengan beban yang dipakai.  Saran saya sebaiknya dalam memakai beban untuk percobaan pertama kali, gunakan beban yang kecil dulu misal lampu 5 watt kemudian bertahap dinaikkan sedikit demi sedikit sambil dilihat voltage dropnya sampai tegangannya +-220 Volt.
Tapi tidak semua peralatan elektronik cocok dengan listrik dari inverter ini karena frekuensi listrik yang terlalu tinggi dari transistornya lebih dari 60 hz frekuensi normal listrik PLN dan juga bentuk gelombang arus listriknya yang tidak sinusoidal tetapi mendekati zigzag.  Saya sendiri terus bereksperimen untuk mendapatkan inverter sinus wave terbaik yang bisa dipakai semua peralatan elektronik dengan biaya yang lebih murah dan artikel ini akan terus saya update berdasarkan eksperimen-ekperimen saya.

Intinya setiap 1 transistor terhubung dengan 1 dioda, 1 resistor dan 1 kapasitor.
Berikut skema rangkaian inverter rangkap 4 :
Bisa juga dirangkap seperti gambar di bawah ini, tapi outputnya sedikit lebih rendah daripada skema diatas
NB: Bila menggunakan transistor jenis PNP, polaritas dioda dan kutub aki dibalik

Transistor bisa dikombinasi dual menggunakan dua transistor NPN dan satu dioda dimana salah satu transistor mempunyai kapasitas lebih tinggi, misalnya D1885 dikombinasi dual dengan 2N3055/MJ15003G tujuannya untuk menghasilkan arus output yang lebih besar dengan arus input yang kecil tetapi aman untuk kerja kedua transistor itu sendiri.  Transistor dual kombinasi ini setara dengan satu transistor NPN dengan kapasitas yang lebih besar.

Bisa juga dibuat komplementer menggunakan satu transistor NPN, satu transistor PNP yang kapasitasnya lebih besar dan satu dioda, misalnya komplementer D1885 dengan MJ2955/MJ15004G tujuannya untuk menghasilkan arus output yang lebih besar dengan arus input yang kecil tetapi aman untuk kerja kedua transistor itu sendiri.  Transistor komplementer ini setara dengan satu transistor NPN dengan kapasitas yang lebih besar.

Tujuan utama mengkombinasi atau mengkomplementer dua transistor adalah untuk memperpanjang  / memperlama setrom aki karena hanya menggunakan arus inputan yang kecil, selain itu transistor awet dipakai karena arus input yang kecil jauh dibawah kapasitas maksimal transistor tersebut.

Gambar skema transistor kombinasi dual dan komplementer sbb:

Artikel lain:
Inverter Sinus Wave
Cara memperbaiki aki basah
Cara memperbaiki lampu hemat energi
Cara memperbaiki aki kering
Power supply untuk menyetrom aki

208 comments:

  1. gan lw pky trafo stepdown skema na g mn???

    ReplyDelete
    Replies
    1. skemanya tetep sama gambar diatas, cuma inputnya (220) trafo dijadiin output, sebaliknya outputnya (12) trafo dijadiin input. usahakan trafo stepdownnya yang ada center tapnya (CT) dan lebih bagus lagi kalo kapasitas trafonya di atas 5A

      Delete
  2. mau tanya bang, kalo mau ngatur frekuensi outputnya gmana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ralat komen terdahulu, skema sudah saya ganti, ditambah filter frekuensi keluaran

      Delete
  3. Pengen bikin.tp ane kurg tw elektro.payah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak ada kata terlambat untuk belajar elektro, saya belajarnya juga otodidak

      Delete
    2. Mantab artikelnya, berguna banget!

      Delete
  4. Pk gmn cr bikin inverter sederhana...yg bisa di input melalui motor cd/tape...tlng komponennya apa aja..mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo mau dipakai buat cd/tape, pakai transistor MJ15003G, sekring 10A, dioda 6A, Resistor 10 ohm 5 watt, capasitor 8uf 250V

      Delete
    2. Dari semua jawaban bpk sy sangat senang dn sy hanya bisa menghaturkan banyak terimakasih kpd pbk mukh helmi arifianto,sy berharap kedatangan sy di blog...tidak mengganggu bpk...sy ingin menambah pengetahuan dr bpk...mksh.

      Delete
  5. Pk lok pke travo 3A,ct outputnya menghasilkan berapa watt y...mksh

    ReplyDelete
  6. Terimakasih, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  7. mohon masukannya...saya butuh inverter untuk lampu led 10W. input aki 12V..kalo menggunakan travo CT 2A..kira2 bisa cukup g ya? trus komponennya apa aja pak bos? kalo ada dengan rangkaian skema sederhananya.. trm kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo pakai travo 2A rangkaiannya dibuat rangkap seperti gambar diatas, dicoba dulu dengan merangkap 2. saran saya pakai transistor mj15003g/2n3055, resistor 10 ohm 5 watt, dioda 6A, sekring 10A, kapasitor 8uf 250V

      Delete
  8. Maf Bang Mau Tanya
    Bila Kita Menggunakan Battery 110mAh
    Itu Pake Travo Yang Brp Ampere Ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung mau digunakan untuk alat apa, pakai trafo kecil 300mA juga bisa tapi outputnya juga kecil, semakin besar kapasitas trafonya semakin besar output tegangan dan arusnya, selamat mencoba

      Delete
  9. Pk ge mn kalo aki,y di ganti dengan adaptor keluaran 12volt bisa ga

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, tapi nggak efisien dari AC 220V dirubah ke DC 12V, dirubah lagi ke AC 220V

      Delete
    2. Amien amien... hahaha. Nih ceritanya lagi mati lampu, bro. Nah bagaimana idupin adaptor??? Justru aki itu sebagai sumber tenaga buat inverter agar menghasilkan listrik setara listrik PLN.

      Delete
    3. mungkin maksud amien cool listrik PLN dirumah dia tidak stabil, jadi perlu adaptor dan inverter, alih-alih stabilizer

      Delete
  10. Bang, mau nanya kalau mau buat menghidupkan PC maka komponennya, apa saja ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya tidak menyarankan menggunakan rangkaian di atas untuk menghidupkan PC, riskan PC cepat rusak karena frekuensi listriknya terlalu tinggi dan juga gelombang listriknya tidak sinusoidal

      Delete
    2. Aslmkm bang...saya ingin membuat inverter yg bisa untuk menyalakan pompa air,,,350 watt...yg inputnya dari free energi magnetik,,,tolong kasih sy sekemanya yg bang...mksh n salam kenal dari saya.

      Delete
    3. Output free energi magnetiknya berapa volt berapa ampere? outputnya AC atau DC? Kalau outputnya AC, tambahi rangkaian penyearah sebelum inverter. Kalau outputnya DC bisa langsung ke inverter atau ke aki dulu baru ke inverter. Inverternya pakai yang di artikel ini http://drcompt.blogspot.com/2015/09/inverter-sinus-wave.html

      Delete
    4. Pk mohon...kirimin skema free energi magnetik yg hasil out putnya 35- 50 volt DC...krn sy sangat membutuhkan listrik...yg sempurna dari fre e mgnt..k listrik...yg setara PLN...mksh

      Delete
    5. Anda bisa cari di youtube banyak sekali video tentang free energy magnetic. Saya juga sedang mencari bahan untuk dibuat magnet permanen besar, mudah-mudahan suatu saat nanti jadi artikel

      Delete
    6. Kmrn sy dah download dr youtube...tpi bnyak yg bohong/ palsu/tipuan,trs sy download berbgai gambar dr google...tpi lom sy praktikkan..sy msih bingung.

      Delete
    7. saya dapat ide membuat free energi magnet dari kipas angin kecil dan magnet dari hardisk yang sudah mati dari video ini https://www.youtube.com/watch?v=xoJz9ZwP4gU

      Delete
    8. Mf pk..mo nanya..agar gulungan kawat tebaga/kumparan yg bila dilewati magnet bisa menghasilkan arus/regangan sbesar 3.volt.kira2 berapa y panjangnya...atau tolong kasih tau sy rumusnya...mksh

      Delete
    9. anda bisa pelajari dari link berikut http://www.rumus-fisika.com/2015/06/gaya-gerak-listrik-induksi.html dan ini https://tonytaufik.wordpress.com/generator-listrik-paling-sederhana/

      Delete
    10. Mas, kalau inverter untuk mensupply AC, berapa nilai trafo dan komponen lainnya (transistor, dioda, kapasitor)?? Terima kasih atas responnya.

      Delete
    11. ACnya berapa watt? untuk pemakaian AC sebaiknya menggunakan inverter sinus wave agar AC tidak cepat rusak, tidak disarankan menggunakan rangkaian diatas

      Delete
  11. Pak kalau pakek travo 5 amper bisa ngak di buat menghidupkan dinamo mesin jahit,trus skema sama komponenya tolong kasi tau. Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, tapi kalau digunakan untuk menghidupkan dinamo mungkin akan timbul suara dengung yang cukup keras karena gelombang listriknya tidak sinusoidal. kalo ingin membuat inverter sinusoidal baca artikel saya lainnya http://drcompt.blogspot.com/2015/09/inverter-sinus-wave.html

      Delete
  12. Salam knal Om Mukh Helmi Arifianto. mohon info nya maaf saya org awam elektro tpi ada keinginan untuk belajar.
    Saya punya power inverter market yg saya beli bulan lali out put max150 watt . Terpasang di aki mobil 12V 70A . Jika saya ingin memperbesar output nya(dalam watt) apa aja yg harus saya rubah atau tambahkan pada power inverter saya om. N brapa maximal tegangan (dalam watt) yg bisa saya hasilkan dari acci mobil tersebut om Mukh Helmi Arifianto makasih om sebelum nya n makasih jg jika d sertakan gambarnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga, biasanya inverter buatan pabrik di dalamnya ada rangkaian untuk membatasi pemakaian maksimal supaya inverter tidak terbakar/rusak, meski ditambahi komponen tidak akan menambah besar outputnya. Tapi kalau bentuk rangkaiannya simpel seperti gambar ini http://s1.postimg.org/aco8xo2wf/inverter_500watt.jpg outputnya masih bisa diperbesar dengan menambahkan beberapa transistor dan resistor, seperti yang saya lingkari merah. Aki 12V 70A maksimal output 840 watt, tapi setelah masuk ke rangkaian, outputnya paling banter 500 watt

      Delete
  13. Salam kenal kak. Kak Inverter DC 12 Volt To AC 220 bisa digunain untuk menghidupkan alat elektronik apa kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga, inverter DC to AC rangkaian di atas pada dasarnya bisa digunakan untuk menghidupkan semua alat elektronik. Tapi pada beberapa elektronik yang peka seperti TV, komputer dapat menimbulkan kerusakan karena gelombang listriknya tidak sinusoidal. Pada elektronik yang menggunakan motor seperti dinamo, kulkas, pompa air dapat menimbulkan suara dengung yang cukup keras. Saya pribadi menggunakan inverter di atas hanya untuk emergency lampu saja ketika listrik PLN mati.

      Delete
  14. Makasi kak atas pnjelasannya. Oh ya kak,butuh wktu brapa lama ya bikin inverter ini? Saya masih pemula kak,dalam merakit alat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat pemula bisa sampai dua jam asal semua komponen dan alat tersedia. Pakai PCB bolong-bolong saja supaya cepat merakitnya. Perlu diperhatikan saat menyolder kaki-kaki transistor usahakan jangan sekaligus ketiganya disolder dalam waktu berdekatan. Beri jeda yang lama, tunggu sampai transistor kembali dingin, baru disolder kaki transistor lainnya. Tujuannya biar transistornya tidak short atau mati

      Delete
  15. Terima kasih kak, atas saran dan bimbinganya. Nanya lagi kak, pada rangkaian diatas input nya di letakan di mana kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. input kutub positif aki disambung dengan kaki anoda dioda sebelum sekring dan center tap trafo, sedangkan kutub negatif aki disambung dengan kaki emitor transistor

      Delete
  16. Om..kira" elektronik rumahan yang menggunakan trafo ct.. Elektronik apa saja? Contoh TV gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. radio, tape, vcd player, adaptor, equalizer, raket nyamuk, charger hp, lampu emergency, dll

      Delete
  17. Terima kasih atas infonya. Sangat berguna sekali. Sy mau tanya seputar elektronik tp melenceng dari pembahasan om di atas. Mohon maaf sebelumnya. Bagaimana cara membuat magnet dari gulungan kawat tembaga yg digulung ke angkur tanpa membuat kawat tembaga tersebut menjadi panas dan konslet?

    ReplyDelete
    Replies
    1. (teori hukum kekekalan energi) energi listrik tidak akan menjadi energi magnetik sepenuhnya karena ada energi lain yang dihasilkan dari proses tersebut yakni energi kalor (panas) dan energi bunyi (dengung). Untuk mengurangi panas yang timbul diperlukan pendingin, contoh trafo gardu induk PLN menggunakan oli sebagai pendingin bodynya, apabila olinya habis trafonya pasti meledak karena kepanasan. Untuk mencegah terjadinya konslet, pakai kawat email (kawat tembaga yang diberi lapisan pelindung) dan gulungan kawatnya dubungkus/dilapisi kertas isolator

      Delete
  18. Maaf om numpang nanya.aq punya resiper bks tv berlangganan,,kayak ny bagus jd inverter.trapo ny 13ap..bisa ngak ya om jd inverter. Mks om sblmny

    ReplyDelete
  19. Pak kalo ngubah frekuensi 50hz - 60 hz gimana ??
    Trus cara pemasangannya gimana..?? Tolong pecerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tambahkan resistor dan kapasitor pada output rangkaian ini, dan pasang keduanya secara paralel terhadap kedua output trafo. Nilai resistor 1000 ohm kapasitor 0,37 uf, atau resistor 10Kohm kapasitor 0,037 uf.

      Delete
    2. lihat gambar di atas yang sudah saya ganti, kapasitornya pakai kapasitor non polar, kapasitor mika atau keramik, jangan elco

      Delete
  20. Output maksutnya yang mana , keluaran trafo 220v nya ?? Apa output travonya (12v) ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bedakan input dan output trafo. Trafo step up inputnya yang voltasenya kecil, outputnya yang voltasenya besar. Trafo step down sebaliknya.

      Delete
  21. Kak klau akinya diganti dengan 3 ampere gmna? Trus mempengaruhi komponen Yang lain nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh pakai aki 3 ampere, tidak mempengaruhi komponen lain, hanya mempengaruhi besarnya keluaran dan lamanya supply setrom saja. Semakin besar kapasitas akinya, semakin lama supply setromnya.

      Delete
  22. Kak trafo step up nya, pkai yng berapa ampere?

    ReplyDelete
    Replies
    1. semakin besar kapasitas amper trafonya, semakin besar pula output arus listriknya

      Delete
  23. bang saya mau tanya saya punya kit inverter 1000 watt saya pakai baterai 12 volt 120 ah untuk trafo kit inverter 100 watt saya pakai bekas UPS 600 watt/1200 va, yang jadi masalah ini bang outputnya gak ada yang 220volt dan jika diberi beban outputnya semangkin turun, jika inputnya saya naikkan menjadi 24 volt outputnya sampai 320 volt mohon bantuannya bang untuk masalah inverter saya ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Output tidak 220V penyebabnya karena perbandingan jumlah lilitan primer dan sekunder trafo tidak pas dengan output dari transistor. Bila ingin mempelajari cara menghitung jumlah lilitan primer dan sekunder silahkan unduh file ini https://app.box.com/s/fidy7bl5gtzbmr65qrmhtoubmu2wxtxp .Perlu diingat setiap lilitan sekunder diberi beban, tegangan sekunder akan drop. Jadi saran saya tambahkan jumlah lilitan pada kumparan sekunder 10%-20%.

      Delete
  24. Kak mau tnya lagi,trafo step up nya yang pkai CT?mksih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trafonya yang ada Center Tapnya (CT), atau kalau tidak ada CTnya, pilih yang ada 3 kabel outputnya. Misal outputnya 0, 110V, 220V, nanti yang 110V jadikan sebagai CT.

      Delete
    2. ralat komen diatas, untuk trafo stepdown 220V to 12V yang dijadikan trafo stepup 12V to 220V (dibalik, input dijadikan output). Misal keluarannya ada 3 kabel 0V, 6V, 12V, yang 6V dijadikan CT

      Delete
  25. pak saya mau tanya..kira kira inverter dc to ac yg untuk kapasitas 5000watt rangkaian nya seperti apa ya pak?apakah ada yg simple untuk saya pelajari dan mencoba dirumah.terimakasih banyak sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. anda bisa belajar dari link berikut www.instructables.com/id/250-to-5000-watts-PWM-DCAC-220V-Power-Inverter/

      Delete
  26. Kak kapasitor mikanya bsa di ganti dengan yang lain nggak? Msalahnya di daerah saya sulit sekali mencarinya. Mksh kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh pakai kapasitor milar/keramik, asal jangan elco bisa meledak. Saya malah pakai kapasitor pompa air.

      Delete
  27. Kak kapasitor yg milar nilainya nggak ada yang mikrofarad. Adanya nano, mhn bntuan kak.

    ReplyDelete
  28. Kak kapasitor milar yang 470 nf 400 V bsa nggak kak, sbgai pengganti kapasitor mika yg 8 uf 400 V?

    ReplyDelete
  29. Kak trafonyo yang 18 V gmna? Bsa nggak kak?

    ReplyDelete
  30. Kak kapasitor keramik yang 10 uf bsa kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, coba dirakit komponennya, nanti hasil outputnya beritahu saya

      Delete
  31. Ass Bang,
    aq pengen buat inverter mini,
    komponennya :
    - 1 buah trafo 6V-CT-6V
    - 4 buah transistor D313
    - 4 buah resistor 100 Ohm

    Tapi untuk inputnya aq pengenya cuma mo pake dinamo bekas CD/Tape.
    bdw bisa nggak,....?
    klo iya, gimana rangkaiannya,,...????

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan unduh gambar dari link berikut ini https://app.box.com/s/hnxltfxbzqb05zim2t3vf745t2djrsnt

      Delete
  32. Kak pemasangan inputnya CT 6 v,atau CT 12 v?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau output trafo stepdownnya asli tidak ada CTnya, tapi ada 3 kabel keluaran, misal 0 6V 12V maka ctnya yang 6V, kalau keluarannya 0 12V 24V maka ctnya yang 12V

      Delete
  33. Kak komponennya saya gnti semua,dg aki 12 v 3,5 ampere,trus trafonya yg step down 3 ampere,trus kapasitornya yg 240 nf ,trus transistor yg D1885 trus dioda yg sma dg komponen kak. Output yang di hsilkan 600 volt,bgaimana caranya supaya mendapatkan output 220 volt kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu output tanpa beban, coba beri beban lampu 5 watt sambil diukur tegangan outputnya drop berapa, jika dibawah 220V, pakai beban yang lebih kecil misal 3 watt, kalau diatas 220V tambahkan lagi beban sedikit demi sedikit sampai diperoleh 220V, kalau sudah pas 220V artinya kapasitas maksimal inverter kamu segitu wattnya

      Delete
  34. Baik kak. Kak inverternya bsa di gunain untk cas hp nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, ukur dulu output tegangan inverternya setelah chargernya dicolokkan, kalau drop pada skala 100V - 240V, hp boleh dicolokkan ke charger, kalau dibawah 100V atau di atas 240V, hp jangan dicolokkan ke charger, bisa rusak

      Delete
    2. koreksi komen diatas pakai specs charger hp saya, lihat specs charger hp kamu bisa dipakai pada voltase berapa volt sampai berapa volt, kalau tidak tahu specsnya ambil amannya pada rentang 200V - 230V

      Delete
    3. kalau tegangan masih diatas 240V, bisa tambahkan beban lain supaya tegangan outputnya dikisaran 220V

      Delete
  35. Kak koreksi comment seblumnya, inverter sya itu keluarannya 35 vlt kak. Untuk menghidupkan lmpu 5 watt terangnya nggak smpurna kak. Mhn bntuannya kak. Gmna cranya untuk mndptkan 220?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba eksperimen dirangkap seperti gambar di atas

      Delete
    2. Ok kak. Mksi bntuanbya kak. Oh ya Kak pada gmbar 3 kaki emiter transistor terhubung ke kutub negatif aki kan?

      Delete
    3. ya kaki emitor terhubung kutub negatif aki

      Delete
  36. Kak pada gmbar ke 3 semua kaki transistor yg emiter terhubung ke kutub positif dioda dan kutub positif aki?

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua kaki emitor terhubung dengan kutub negatif aki, bukan kutub positif aki, seperti pada gambar diatas

      Delete
  37. Kak udah saya gnti rangkaiannya dg yg di atas. Dg 4 transistor tpi keluarannya hnya betmbh 5 volt

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai skema rangkap 4 yang pertama atau yang kedua? kalau pakai yang kedua outputnya lebih kecil dari skema rangkap 4 yang pertama, kalau memungkinkan ganti kapasitornya dengan kapasitas yang lebih besar seperti kapasitor pompa air

      Delete
  38. minta skema lay out pcbnya untuk yg 500watt
    klu bisa kirim ke email
    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai skema ini https://app.box.com/s/etrtsv8pjgqdgqvymj845i4rdfd07afb

      Delete
  39. Mas....slm kenal ya dr fadhil lampung...rangkaian dibatas buat nyalain speaker active bs ga ya? Trima kasih

    ReplyDelete
  40. Kak mau tanya..saya kan beli kit inverter 1000 watt , saya kasih traffo 10 A merek big, tp kenapa ya outputnya saya sambung ke vilt meter yang di stavolt cma 110 volt ndak 220..padahal tanpa beban..untuk input kan di pcb 12v/24v tp di travo saya hanya ada 18,20,25,32.. Saya pake 20v..minta solusi buat 220v kak..makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. skema inverternya seperti apa? trafonya ada CTnya nggak? pakai aki berapa volt? coba jangan dihubungkan ke stavolt (karena jadi beban buat inverternya), dites (tanpa beban) pake multitester outputnya berapa volt? kalau dibawah 220V, ukur tegangan AC antara colector (+) dan emitor (-) salah satu transistor (ini sebagai tegangan primer trafo). Saran saya buat trafo step-up sendiri berdasarkan hasil pengukuran tersebut, rumus perhitungannya menggunakan file dari link pada artikel diatas komponen trafo step-up.

      Delete
  41. Permisi..kak mau tanya saya bikin inventer dari kit jadi tertulis 750 watt.output trafo menggunakan 5 amper..tak cek tegangan outputnya 230v..saya coba nyalain lampu 8 watt nyala..pakek aki coba pakek aki 6 A dan 40 A nyalanya sama saja..yang jadi problem saya coba coba untuk case laptop tegangan drop ..untuk TV LCD 60 Watt juga drop..pertanyanya kira kira dimana permasalahanya..
    pertanyaan yang kedua..adakah Trafo yang lebih kecil sebagai pengganti trafo 5A-10A yang kwalitasnya lebih bagus dan tidak drop..kalo dipasaran tidak ada bagaimana cara bikin sendiri yang bagus..matur nuwun trima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Permasalahannya pada trafo yang dipakai dan mungkin kapasitas inverternya memang rendah tidak seperti yang tertulis 750w. Perlu diketahui setiap lilitan sekunder trafo diberi beban, tegangan sekunder akan drop. Trafo dipasaran rata-rata kualitasnya jelek. Saran saya buat trafo step-up sendiri. Perhitungan lilitannya pake file dari link pada artikel di atas pada komponen trafo step-up. Sebelumnya ukur dulu output tegangan AC colector (+) dan emitor (-) dari salah satu transistornya, ini sebagai tegangan primer trafo.

      Delete
  42. Bang...aq punya power supply....apa bisa di bikin inverter????

    ReplyDelete
  43. Ralat yg di atas bang...aq punya bekas power suplay yg sudah di modifikasi menjadi adaptor power supply untuk charger aki 12v...apa bisa di modifikasi lagi supaya menjadi inverter bang????

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa ditambahi beberapa komponen supaya jadi inverter, power supplynya tetap tidak dirubah, hanya trafonya saja yang dipakai buat power supply sekaligus inverter, seperti UPS yang banyak dijual di pasaran

      Delete
  44. Kalau Inverter agar bisa digunakan pada komputer, rangkaiannya bagaimana ya pak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk amannya menggunakan inverter sinus wave atau inverter dengan bentuk gelombang arus listrik sinusoidal, salah satu contoh skema rangkaiannya seperti link di bawah artikel ini, di atas sebelum komentar

      Delete
  45. Assalamualaikum...... Mas saya pengen belajar elektro, dan sangat awam dengan elektro, jika saya ingin memulai dari mana dulu yang harus saya pelajari, dan ada rekomendasi Web tertentu tidak agar saya mudah mempelajari elektro. Terimakasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa alaikumsalam wr.wb., website yang membahas elektro banyak sekali, anda bisa cari di google mulai dengan kata kunci: komponen elektronika, alat ukur elektronika, cara membaca nilai komponen elektronika, cara menggunakan alat ukur elektronika, rangkaian elektronika, dll.

      Delete
  46. mas tanya , saya punya ups 24v outputnya dibawah 220v .. cuma 120v , kondisi aki baik .. apa yang harus di cek yah ....terima kasih mas ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sebelum-sebelumnya outputnya normal 220v kemungkinan transistornya ada yang rusak atau trafonya lemah

      Delete
  47. Aslmualaikum pak Mukh Helmi Arifanto. Sy kurang begitu paham tentang elektronika, tp sy sangat tertarik sekali dg elektronika jd sy ingin menimba ilmu dr bpk jika diperkenankan. Sy memiliki permasalahan yg blm sy bisa pecahkan sendiri krna kekurangpahaman sy tentang elektronik.
    Sy ingin bertanya, yg pertama, apabila accu 12 volt DC 5 ampere sy ubah menggunakan inverter sehingga menjadi 220 volt AC, apakah ampere-nya menjadi 0,27?? Jika iya, berarti 220 V 0,27 A ini sama dg 60 watt dan tidak bisa digunakan untuk menghidupkan televisi?? Karena peak televisi 60 watt x 5 kali lipat (utk tarikan awal) jika yg sy gunakan adalah listrik AC yg dihasilkan dr inverter??
    Yg kedua, bagaimana cara menghasiljan listri AC inverter bergelombang sinus agar bisa digunakan untuk semua peralatan elektronik??
    Yg ketiga, apabila sy mengubah accu DC 12 volt 40 ampere dg inverter menjadi AC 220 volt, kemudian AC 220 volt ini sy hubungkan dg trafo untuk mencharger accu sy lagi apakah msh ada energi listrik yg tersisa yg bisa sy gunakan untuk menghidupkan petalatan elektronik lain ?? Karena yg sy ketahui besar energi input = output hanya sj besar tegangan dan kuat arus bisa diubah2
    Yg keempat, bagaimana cara mendapatkan energi sebesar minimal 1500 watt dari accu DC 12 volt 40 ampere ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. jawaban pertanyaan
      1. tidak akan menghasilkan kuat arus 0,27A karena ada energi yang hilang dari komponen inverternya, dan tidak bisa menghidupkan tv dengan daya yg besar
      2. buat generator sederhana contoh seperti diblog ini https://tonytaufik.wordpress.com/generator-listrik-paling-sederhana/ , tenaga penggeraknya menggunakan motor bekas tape/vcd/printer, sedangkan sumbernya dari aki, tapi sebelumnya beri pembatas arus listrik dari aki menggunakan dioda supaya gulungan kawat pada motor tidak hangus terbakar, sesuaikan dengan kapasitas motor yang dipakai.
      3. tidak efisien mencharge aki menggunakan inverter dan adaptor yang sumbernya dari aki itu sendiri
      4. kapasitas aki 12VDC x 40AH = 480 wattjam, tidak bisa menghasilkan 1500 watt, solusinya seperti jawaban nomor 2

      Delete
  48. Terimakasih atas pencerahannya bpk Mukh Helmi Arifianto, ilmu yg sangat bermanfaat 👍

    ReplyDelete
  49. Mas mau tanya, sy punya trafo ups bekas, rencana mau sy pakai untuk inverter bisa tidak ya??? Cari ct dan tegangannya dimana? Bagian 1: 2 kabel besar 2 warna merah, biru, bagian 2: kabel sedang 4 warna hitam, hijau, biru, kuning, mohon bantuannya... makasih...

    ReplyDelete
  50. Mas mau tanya, sy punya trafo ups bekas, rencana mau sy pakai untuk inverter bisa tidak ya??? Cari ct dan tegangannya dimana? Bagian 1: 2 kabel besar 2 warna merah, biru, bagian 2: kabel sedang 4 warna hitam, hijau, biru, kuning, mohon bantuannya... makasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asal trafonya tidak kebakar/hangus kawat emailnya, masih bisa dipakai. Gunakan multimeter skala 100 untuk mengetes antar kabel yg anda sebut bagian 2, jika ke empat kabel saling terhubung (tanda jarum bergerak saat dites bergantian), gunakan kabel yang ditengah sebagai ct. Jika hanya dua kabel yang terhubung, maka tidak bisa dijadikan ct. Tegangannya baru diketahui setelah menjadi rangkaian karena kita tidak tahu perbandingan jumlah lilitan primer dan sekundernya.

      Delete
  51. Mas klau pkai tr nya 2 bji kya kebnykan org pake skema nya gmna?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan pelajari dari beberapa link berikut:
      http://www.butlerwinding.com/electronic-transformer-inverter-trans/
      http://www.homemade-circuits.com/2012/10/designing-grid-tie-inverter-circuit.html
      http://www.careersng.com/forum/viewtopic.php?f=60&t=3400
      http://powersupply33.com/category/inverter-circuit

      Delete
  52. Salam kenal bos.
    Sy pux mslh dgn inverter yg sy bli d toko.
    Yg pertama rusak, itu katanya 500 watt.
    Saya pakai utk pompa air.
    Kemudian saya bli yg baru, 1500 watt.
    Kemudian rusak juga.
    Saya pakai dgn aki 70A.
    Minta solusinya om untuk pemakaian kedepannya sprt apa agar inverter yg saya pakai tdk rusak lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal bos.
      Sy pux mslh dgn inverter yg sy bli d toko.
      Yg pertama rusak, itu katanya 500 watt.
      Saya pakai utk pompa air.
      Kemudian saya bli yg baru, 1500 watt.
      Kemudian rusak juga.
      Saya pakai dgn aki 70A.
      Minta solusinya om untuk pemakaian kedepannya sprt apa agar inverter yg saya pakai tdk rusak lagi.

      Delete
    2. Pompa air selalu melakukan tarikan awal listrik yang tinggi, itu yang menyebabkan inverter cepat rusak. Solusinya sebelum ke pompa air, dipasang rangkaian soft starter (antara pompa dan inverter), bisa dicari di google atau beli jadi ditoko elektronik. Untuk contoh yang sederhana bisa menggunakan dua buah kondensator non polar dengan kapasitas besar dirangkai paralel

      Delete
    3. Ia om..
      Nti saya coba pake. .

      Delete
  53. pak, saya sudah membuat rangkaian inverter dgn output 5V AC. nah, saya ingin meningkatkan tegangan tsb dgn trafo mjd 1000V AC. sebaiknya saya menggunakan Trafo berapa ampere ya? terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya output 1000 volt atau 1000 watt? kalau output voltase yang penting +-220 volt seperti listrik PLN, sedangkan kuat arusnya yang besar. Untuk meningkatkan output wattnya sebaiknya merakit trafo sendiri menggunakan kawat email yang besar, sedangkan perbandingan jumlah lilitan primer - sekundernya menyesuaikan output tegangan dari transisornya.

      Delete
    2. 1000Volt pak.. jadi nanti dari 5V AC akan dinaikkan menjadi 1000AC. lalu setelah itu akan dijadikan 1000DC lagi namun dgn arus maks 10mA

      Delete
    3. Kalau boleh tahu skema inverter dan komponen yang ibu buat seperti apa ya? soalnya kalau cari trafo step-up 5V to 1000V di toko elektronik tidak ada. Kalau mau buat sendiri bisa pakai rumus di link artikel di atas pada bagian trafo. Kalau tujuannya hanya ingin mendapatkan listrik DC 1000V buatnya rangkaian konverter bukan inverter, jadi nggak perlu pake trafo. Contoh rangkaian konverter dc bisa dicari di google.

      Delete
  54. assalamualaikum..
    salam kenal mas
    sy mau nanya mas klu inputnya kita menggunakan 5 volt ke 220 volt itu bagamana mas..tolong di tanggapi

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikum salam wr wb
      5v sumbernya dari mana? umumnya aki 6v/12v/24v. Inverter bisa dibuat dari input tegangan dc berapapun untuk dirubah menjadi tegangan ac berapapun besarnya.

      Delete
  55. assalamualikum...
    gan mo tanya.saya punya ups 600watt ko output nya 170 ga nyampe 220volt trus tr nya cepat panasdan aki cepat drop,aki saya pake 12v 45ah 1 nya lagi aki motor mohon solusi nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikum salam
      kalo inverter umurnya sudah lama bisa jadi tr dan komponen lain sudah menurun kapasitasnya, tr panas wajar menandakan dia kerja, yang penting ada pendinginnya heatsink. Aki cepat drop karena digunakan melebihi kapasitas misalnya, dipakai sampai inverter mati sendiri, dipakai buat menghidupkan alat yang voltase angkatan tinggi seperti tv/komputer/pompa, dll. Saran saya 1) jangan gunakan sampai max kapasitasnya 600w karena biasanya kapasitasnya nggak sampai; 2) gunakan rangkaian sofstarter sebelum disalurkan ke alat listrik seperti diatas.

      Delete
  56. Mas tanya..
    Saya bikin inverter, terus input pake aki 12 vdc 3,5 ah dan trafo ct step down 5 ampere..
    Untuk mengetahui daya (watt) inverter nya gimana ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daya inverter sebelum disambung ke alat listrik bisa diukur dengan multimeter pada output trafo. Berapa volt tegangannya, berapa ampere arusnya, hasil perkalian volt dan ampere itu daya wattnya. Daya inverter setelah disambung ke alat listrik biasanya turun/drop, bisa diukur pula pada output trafo.

      Delete
  57. Mas saya mau nnya, sayakan masih pemula nih, nah untuk langkah awal membuat inverter yang saya lakukan apa ya? Kalo boleh minta nomornya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belajar menyolder dulu aja pakai kawat, soalnya kalau tidak ahli transistor bisa sort/mati setelah disolder. Kemudian cari rangkaian inverter sesuaikan dengan tujuannya/kebutuhan untuk daya berapa watt.

      Delete
    2. Kalo menyolder Alhamdulillah mas udah lumayanlah untuk pemula seperti saya mas..
      Saya mau buat inverter buat nyalain lampu" rumahan aja mas, kira" mulai darimana ya mas?
      Oh ia saya boleh minta no telfon/bbmnya? Kirim ke email saya aja mas teguhwulansakti@gmail.com

      Delete
    3. cari saja rangkaian inverter yang pakai ic555 itu sudah bagus ada pengatur frekuensinya, pcbnya bikin sendiri atau pakai pcb bolong-bolong

      Delete
  58. Salam sejahtera..
    Pak saya mau nanya,saya punya Trafo Step Up Step Down 110v -220v 1000watt Tertera di box plate merk Star Made in Japan.
    Dan Tertulis Input 220&110 - Output 220 - 110
    Tidak ada Ctnya,Karena trafo ini sudah didalam box besi jadi pakai colokan baik input & outputnya.
    Karena sy masih awam sy berfikiran bawa trafo ini bisa di pakai bolak balik apa benar demikian ?

    Berhubung sangat kesulitan mencari trafo step up/down ditempat saya,saya akan merubah trafo trsebut yang aslinya 220v-110v menjadi 12v - 220v.
    Input menjadi 12v Output jadi 220v.
    Saya akan gunakan untuk menaikan tegangan 12vAC Menjadi 220VAC.

    12VAC tersebut bersumber dari Spull sepeda motor.
    Apakah bisa trafo tersebut di rubah seperti yg saya maksud ?

    Apakah bisa trafo tersebut di jadikan trafo CT 12v dan bagaimana caranya.
    Sayangnya trafo tersebut tidak menuliskan besar Ampernya.
    Dari beberapa detail diatas bisakah di tentukan besar Ampernya?
    Terima kasih atas jawaban yg saya harapkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dipakai bolak-balik, hanya beda besar arus keluaran saja kalau diameter/besar kawat email primer dan sekundernya berbeda. Kalau ingin merubah inputnya, jumlah kumparan pada primer dikurangi. Pakai rumus pada link diatas dibagian komponen trafo. Agar menjadi CT, buat kumparan primer menjadi dua bagian. Contoh: kumparan sekunder 220 lilitan, kumparan primer1 12 lilitan, kumparan primer2 12 lilitan. Solder salah satu dari kedua ujung kumparan primer tersebut menjadi satu bagian, jadi seolah-olah satu kawat bercabang dua. Cara mudah untuk menentukan besar output amper trafo tersebut ukur outputnya pakai multimeter/ampermeter setelah trafo jadi dan dialiri listrik.

      Delete
    2. Pagi Bpk,sepertinya Trafonya rusak pak,sebab saat saya tes pake multitester hasilnya konek semua saat input dan outputnya saya tes..benarkah trafo tsb rusak pak.

      Apa yg hrs saya lakukan supaya trafo ini berfungsi kembali dengan spesifik yg saya inginkan tdi malam
      Terima kasih..

      Delete
    3. Belum tentu rusak asalkan kawat emailnya tidak gosong. Kalau dites kedua ujung kawat konek, berarti kawat tersebut satu kumparan atau ada yang menempel. Solusinya bongkar semua, kemudian anda gulung kembali kawat tersebut menjadi kumparan primer dan sekunder sesuai keinginan anda.

      Delete
  59. Sudah saya bongkar pak Trafonya,kabelnya masih bagus ukuran 1mm semua primer dan sekundernya.Tapi saya tidak menghitung jumlah gulunganya krn sy tidak yakin dgn gulungan trafo ini krn bukan gulungan aslinya.

    Skrg sy ingin rubah menjadi trafo CT,Yaitu 0v - 220v dan 0v - 12v CT 12v.
    Panjang Inti besi 6,3cm Lebar 3,8cm berat Inti termasuk shell EI 3,3kg.
    Bisa tidak pak kabel 1mm bongkaran ini saya pakai lgi andai bisa sebaiknya digunakan di primer atau sekunder.
    Andai tdk bisa sebaiknya pakai ukuran kabel yg brp mili untuk primer dan sekundernya ?
    Bila berkenan mohon di uraikan berapa lilitan primer dan berapa lilit sekundernya?
    Terima kasih Bapak atas bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Umumnya kabel primer lebih besar dari pada kabel sekunder, tapi dibuat sama juga tidak apa-apa. untuk perhitungan jumlah gulungan silahkan pakai rumus dari file yang saya beri link di atas di bagian komponen trafo

      Delete
  60. salam kenal
    gan kalau pake transistor mj15004 2 buah dan mj15003 2 buah bisa ga gan ?

    ReplyDelete
  61. makasih gan atas informasinya ,,


    gan tapi saya mau tanya lagi kalau kafasitornya diganti dengan 10uf 400v bisa ga gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bang sya tunjukin sekemanya cara pembuwatanya mnta gnbar yg jelas ,,sya kepengen bisa ,dan penasaran

      Delete
  62. sekali lagi makasih gan atas informasinya ,

    ReplyDelete
  63. mas saya mau nanya klw mau buat inverter dc 12v ke 220v untuk menghidupkan PLC omron, komponen sma rangkaiannya gmna, trus aki yang dipke seberapa besar?

    ReplyDelete
  64. mlm om. kalo transistor d ganti irfz44n pake trafo 5a ct aki 36ah rangkaianya apa ada yang diganti

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum pernah nyoba pakai mosfet irfz44n, tapi boleh juga untuk eksperimen, rangkaian tidak perlu diganti

      Delete
  65. siang om, saya mempunyai alat elektronik dari USA dengan nameplate 115v 60hz 11w. apa saja komponen yg dibutuhkan untuk membuat inverter dengan output 120v 60hz?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kira dengan menurunkan tegangan sudah cukup dengan membeli travo step down AC 220v - 110v. tapi karena frekuensinya berbeda jdi alat yg saya beli tidak berfungsi dengan baik. tolong pencerahanya?

      Delete
    2. perlu merakit trafo sendiri dengan output 120V dan frekuensi 60Hz (perhitungannya menggunakan link file di artikel pada bagian trafo) dan juga multimeter digital yang ada fasilitas mengukur frekuensinya.

      Delete
    3. Saya masih sangat awam tentang hal seperti itu pak, apakah bisa bapak buat kan untuk saya. Nanti saya akan membelinya?

      Delete
    4. Gan bisa dijelaskan, komponen apa saja yg dibutuhkan untuk membuat inverter dengan output 120v 60hz?

      Delete
    5. kalau alat elektronik anda sangat peka dengan bentuk gelombang listrik, sebaiknya tidak usah menggunakan inverter, karena kebanyakan inverter gelombangnya square wave atau sinus wave modifikasi bukan sinus wave murni, seperti saran saya diatas buat saja trafo sendiri untuk mendapatkan tegangan 120V 60Hz, atau beli saja motor listrik (generator kecil) input 12/24VDC keluaran 120VAC 60Hz buatan china dengan aki sebagai sumber tegangannya

      Delete
  66. selamat siang, aku sudah rakit inverter pakai 2n3055 4 buah travo 5 amp kira2 keluarannya berapa, apabila kelebihan beban ada yg rusak tolong infonya gan... mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. ukur saja output trafonya berapa volt berapa ampere, volt x ampere = daya inverter anda (watt), bila kelebihan beban yg rusak transistor sama aki drop

      Delete
  67. mau nanya lagi, aku punya kipas cpu saya coba untuk buat free energy magnet dari hardisk yg rusak, kok belum bisa apa penyebabnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum bisa muter kipasnya atau belum menghasilkan listrik?

      Delete
  68. untuk sekema menghasilkan daya berapa watt

    ReplyDelete
    Replies
    1. skema gambar diatas hanyalah contoh inverter sederhana yang menghasilkan watt kecil, skema diatas hanya menggambarkan cara kerja inverter menggunakan transistor, kalau ingin membuat inverter dengan daya besar, disarankan mencari di google contohnya banyak

      Delete
  69. Assalam mualaikum pak...,salam knl adi di bogor,mau tanya saya awam electro,tanya nya klau inverter 1000 watt, bisa pakai accu motor di parallel
    Trima kasih info nya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aki motor diparalel bisa digunakan tapi perlu banyak aki. Perhitungannya: satu aki 12V 10AH hanya menghasilkan daya maksimal 120 watt selama 1 jam, akan tetapi efisiensinya paling hanya dapat 40-80 watt saja. Kalau ingin menghasilkan 1000 watt diperlukan setidaknya 10 aki. Bisa juga menggunakan 1 aki atau 2 aki diparalel dengan memanipulasi trafo yang digunakan agar outputnya menjadi 1000 watt, tetapi paling hanya dapat dipakai beberapa menit saja dan resikonya aki dan transistornya pasti cepat drop karena dipaksa bekerja ekstra keras.

      Delete
  70. salam berkarya!! mau tanya gan bisa kah transistor MJ2955 dipakai untuk untuk inverter diatas? karena klo beli transistor 2N3055 harus sepasang dengan MJ2955, ma ksi atas pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. MJ2955 bisa dipakai dengan 2N3055 sebagai komplementer (2 transistor berfungsi seperti 1 transistor NPN), MJ2955 bisa juga dipakai tunggal dengan membalik posisi (polaritas) dioda dan kutub aki

      Delete
  71. ma ksi pa helmi atas pencerahannya, saya mo tanya lagi bisakah inverter diatas sebagai sumber listrik dari sepeda motor, klo bisa dari coil pengapian, coil listrik lampu depan/belakang atau coil pengisian aki, atas pencerahannya saya ucapkan banyak ma ksi

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa tapi kalau dari coil pengapian inputnya terlalu tinggi ribuan volt, sebaiknya ambil langsung dari alternator setelah kiprok atau sebelum aki, jadi inputnya 12vdc

      Delete
  72. Pak kl mau beli trafo untuk 12vol ke 220vol di toko elektonik nama trafonya apa saya pernah beli tp yg jual binggung apa trafonya sama ama yg di pakai untuk power speker aktif atau gmna trimakasih mohon infonya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. belinya trafo step-up, kalau tidak ada bisa pakai trafo step-down, untuk merk macam macam banyak sekali

      Delete
  73. pak.,mau nanya nih..kalo aki diganti dengan adaptor yang voltasenya sama dengan aki tsb...apakah bisa untuk menghemat listrik?..,maaf newby

    ReplyDelete
    Replies
    1. menggunakan adaptor tidak akan menghemat listrik karena ada sebagian energi listrik yang hilang, kalau tujuannya untuk menghemat sebaiknya buat generator sederhana untuk mensupply aki

      Delete
  74. Assalamualaikum bang. Saya Cepi Bahtiar dari Ciamis . Saya punya kit inventer tertera 1000 Watt. Dari aki 12 v. Tapi saya ingin digunakan untuk suplai arus listrik ke mesin las listrik yang 900wat.
    Pertanyaan pertama. Harus menggunakan trafo yang berpa Amper
    Pertanyaan kedua.apakah ada alat lain untuk bisa digunakan agar wattnya bisa lebih dari kitt yang tertera.
    Mohon pencerahannya.
    Terimakasih atas adanya artikel bapak Helmi Arifianto sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam wr.wb., disarankan menggunakan trafo diatas 10A, untuk menghasilkan watt yang besar perlu memparalel transistor, saya sarankan pelajari artikel diweb ini http://www.instructables.com/id/250-to-5000-watts-PWM-DCAC-220V-Power-Inverter/

      Delete
  75. Assalamualaikum bang.
    Bang saya mau tanya saya punya rangkaian inverter dc to ac 12/24v -220v 750watt
    Pas saya coba nyalakan saya kasih lampu 100w bisa nyala tapi cuma sktar 10-15menit.kalau saya kasih kipas angin/mesin gerinda putaranya pelan.trus volt nya yang tadiny 230-250volt turun drastis menjadi 130-190.
    Pertanyaanya gimana supaya volt nya bisa stabil 215-225volt dan watt nya bisa akurat seperti yang tercantum di rangkaianya tersebut. Terima kasih bang
    Wassalamu alaikum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berapa Ampere aki dan trafo yang anda gunakan? perlu diketahui Output trafo akan drop jika diberi beban lebih, karena ada sebagian energi yang hilang. idealnya untuk mendapatkan tegangan 220V yang stabil tanpa menggunakan trafo diperlukan aki 12V dirangkai seri sebanyak 20 aki atau 24V aki sebanyak 10 aki

      Delete
  76. Assalamualaikum bang boleh ga klo output suatu inverter selain ke motor drive, dikopel ke komponen lain contoh relay 220

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa alaikum salam, boleh saja tergantung tujuan penggunaannya

      Delete
  77. Bisa saya lihat rakitan yang sudah jadi om

    ReplyDelete
    Replies
    1. susah ngambil gambarnya lihat disini https://app.box.com/s/yh7f0pgm81ur4ode8mnek7auqk121jtl

      Delete
  78. assalamualaikum....
    Klo menggunakan trafo 1 ampere, aki yg digunakan bisa sampai berapa ampere? trus berpengaruh tidak dengan kapasitas arus transistornya om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aki yg dipakai bisa berapapun amperenya, semakin besar ampere akinya semakin besar pula output transistornya, gunakan dioda dan sekring sebagai pembatas arus, sesuaikan dengan kapasitas transistor yg dipakai

      Delete
  79. Assalamualaikum
    Mas kalau inverter yang paling atas menggunakan satu transistor 2n3055 dan trafo nya 5 ampere keluar berapa wat mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikumsalam
      diatas 5 watt tergantung aki yg digunakan

      Delete
  80. Assalamualaikum, pak mau nanya saya lagi coba bikin inverter, pakai transistor BC547, BC557, sama IRF540. Sebelum masuk trafo saya test tegangan nya 20V, tapi sesudah di step up pakai trafo ct 5A tegangan nya jadi 26V. Solusi nya gimana ya pak? Terimakasih sebelum nya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam, kapasitas BC547 dan BC557 hanya 50V, sedang IRF540 hanya 100V, kalau ingin mendapatkan tegangan 220V dengan transistor tersebut jangan menggunakan skema rangkaian diatas. 3 buah IRF540 bisa dipakai untuk menghasilkan tegangan 220V dengan memakai skema yg menggunakan ic flipflop/timer (di google banyak yg share)

      Delete
    2. Saya pakai ic 555, lalu transistor BC547 sama BC557 saya komplemen pak, terus dihubungkan sama resistor, baru dihubungkan ke IRF540. Saya udah coba beberapa rangkaian dr internet, tp belum ada yg sesuai pak. Gimana ya pak solusi nya?

      Delete
    3. Bila tetap menggunakan komponen tersebut dengan tidak mengubah skema yg ada, saran saya, buat trafo sendiri menggunakan kawat email 1mm untuk primer dan sekundernya, rumus lilitan bisa unduh pada link di artikel pada bagian trafo. Jika inputnya 20V untuk menghasilkan 220V, perbandingan lilitannya 1 : 11

      Delete
  81. Assalamualaikum
    Pk sya mau nanya klau travo 5a saya pinh kecil 20 ct 20... Ap bisa buat inverter yg pakai aki 12v??..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, saya saja eksperimen rangkaian diatas pake trafo kecil dan aki motor 12V 10AH, cuma kalau trafo kecil, outputnya juga kecil

      Delete
  82. Mas, mau tanya,
    Saya pengen buat inverter yang bisa buat nyalain mesin jahit, yang pakek dinamo mesin jahit dengan daya 150 watt, itu sabaiknya saya menggunakan trafo apa? Aki nya ukuran berapa volt amperenya berapa? Komponen buat inverternya apa saja, dan skemanya apa saja, mohon infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk mesin jahit sebaiknya buat inverter yang sinuswave (link ada di atas comment), aki min 40A 12V

      Delete
  83. Salam kenal bang,,saya baru beli inverter 500wat utk jaga jaga jika PLN padam
    Awalnya ga ada masalah,,tapi setelah pemakaian kedua kalinya output nya strum semua nol nya ga ada,, tolong pencerahan nya bang
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Inverter di pasaran bila dipakai sampai setrum habis sendiri, biasanya cepat rusak. Komponen yg kena biasanya aki kering dan transistornya. Coba dicek aki sm transistornya

      Delete
  84. Maaf mau nanya, saya sudah beli inverter dari 12v output 220v max 500W tanpa ada trafo nya.
    Nah, sy ingin menjalankan peralatan dengan daya 220V 450W, itu butuh travo berapa ampere ya?
    Terimakasih

    ReplyDelete