Bagaimana cara mengatasi mesin sepeda motor yang susah hidup ketika distater dalam keadaan mesin dingin?
Ada anggapan "anti pakai cuk" waktu menstater motor, bahwa seolah-olah kalau menstater pakai cuk menandakan motor sudah tidak baik lagi setelannya. Anggapan ini tidak benar!.
Motor honda jaman sekarang dirancang dengan campuran miskin, udara banyak bensin sedikit. Hal ini menguntungkan ditinjau dari segi pemakaian bahan bakar. Waktu mesin dalam kondisi masih dingin diperlukan campuran kaya, bensin banyak udara sedikit, maka cuk perlu dipakai untuk meningkatkan bahan bakar masuk ke dalam mesin. Itulah sebabnya cuk ada pada sepeda motor. Jadi cuk untuk dipakai bukan untuk hiasan saja.
Yang perlu diperhatikan dalam penggunaan cuk adalah cuk harus dimatikan kembali ketika mesin sudah bisa hidup dan pastikan tidak terbuka setengah, karena akan menyebabkan pemakaian bahan bakar menjadi boros.
Artikel terkait lainnya:
Cara mengganti oli mesin sendiri
Cara mengatasi elektrik stater yang kurang jreng
Ada anggapan "anti pakai cuk" waktu menstater motor, bahwa seolah-olah kalau menstater pakai cuk menandakan motor sudah tidak baik lagi setelannya. Anggapan ini tidak benar!.
Motor honda jaman sekarang dirancang dengan campuran miskin, udara banyak bensin sedikit. Hal ini menguntungkan ditinjau dari segi pemakaian bahan bakar. Waktu mesin dalam kondisi masih dingin diperlukan campuran kaya, bensin banyak udara sedikit, maka cuk perlu dipakai untuk meningkatkan bahan bakar masuk ke dalam mesin. Itulah sebabnya cuk ada pada sepeda motor. Jadi cuk untuk dipakai bukan untuk hiasan saja.
Yang perlu diperhatikan dalam penggunaan cuk adalah cuk harus dimatikan kembali ketika mesin sudah bisa hidup dan pastikan tidak terbuka setengah, karena akan menyebabkan pemakaian bahan bakar menjadi boros.
Artikel terkait lainnya:
Cara mengganti oli mesin sendiri
Cara mengatasi elektrik stater yang kurang jreng
This comment has been removed by the author.
ReplyDelete