Sep 28, 2014

Panduan Servis Lampu Hemat Energi Bagi Pemula

Lampu Hemat Energi (LHE) atau lampu neon bohlamp bila sudah digunakan dalam jangka waktu tertentu pasti akan mati.  Kebanyakan orang langsung membuangnya dan membeli yang baru. Namun bagi yang hobi otak-atik atau ngoprek, lampu mati bisa dijadikan hobi dan bisnis yang menguntungkan dengan membuka jasa servis lampu LHE mati (jarang ada lho).  Pada umumnya lampu LHE yang sudah mati masih bisa dipakai lagi beberapa komponennya, kalau diitung-itung masih lebih irit memperbaiki dari pada beli yang baru khususnya lampu merek Philips.

Berikut langkah memperbaiki lampu hemat energi (LHE):
  • Sediakan alat - alat sbb:
  1. Multitester/multimeter, gunanya untuk mengukur nilai komponen, mengetahui rusak tidaknya suatu komponen.  Cara mengkalibrasi multitester analog: atur setingan pada skala 100 ohm, tempelkan terminal positif dan negatif, putar tombol pengatur kalibrasi, jarum harus tepat menunjuk angka nol
  2. Obeng minus / tespen, gunanya untuk mencongkel body lampu
  3. Solder, gunanya untuk melepas atau menyolder komponen
  4. Timah solder, gunanya untuk melekatkan komponen pada PCB
  5. Tang potong, gunanya untuk memotong kawat komponen / kabel
  6. Pinset, gunanya untuk memegang komponen waktu disolder / dilepas
  7. Masker, gunanya untuk melindungi hidung kita dari menghisap gas CO2 dan timah yang menguap hasil solderan 
  8. Kipas hisap / blower bila ada
  • Komponen-komponen lampu neon bohlamp yang gampang rusak:
  1. Kapasitor milar, cirinya bila rusak kelihatan gosong (hitam) atau bila diukur menggunakan multitester  (skala 10K) jarum akan bergerak tidak beraturan (meloncat-loncat) atau menunjukkan nilai tidak tentu, berubah-ubah
  2. Kapasitor elco, cirinya bila rusak akan menggelembung atau pecah pada bagian atasnya
  3. Filamen lampu (kaca lampu), cirinya bila rusak/putus ada bagian kaca yang menghitam dan bila diukur menggunakan multitester jarum tidak bergerak atau tidak menunjukkan nilai tertentu. 
  4. Resistor, cirinya bila rusak pada bagian badannya pecah atau berwarna gosong (hitam)
  5. Transistor, cirinya rusak bila diukur menggunakan multitester jarum mencapai skala penuh atau berada pada skala paling rendah.  Cara mengukur transistor: untuk transistor NPN pengukurannya: negatif terminal multitester dihubungkan dengan basis, sedang positif terminal multitester dihubungkan dengan emitor dan colector.  Untuk transistor PNP pengukurannya: negatif terminal multitester dihubungkan dengan emitor dan colector, sedang positif terminal multitester dihubungkan dengan basis. Seperti terlihat pada gambar di bawah.
  6. Dioda, cara mengukur dioda: cirinya dioda yang masih baik, bila diukur menggunakan multitester: positif terminal dihubungkan pada dioda yang ada gelangnya (katoda), sedang negatif terminal multitester dihubungkan pada anoda, jarum menunjuk skala atau nilai tertentu dan tidak mendekati skala maksimal, tandanya dioda masih baik. Sebaliknya jika terminal multitester dipasang kabalikannya jarum juga bergerak atau menunjuk skala maksimal, tandanya dioda short/rusak. Dioda yang masih baik akan terlihat seperti gambar di bawah ini pada saat diukur
  7. Kumparan / coil, cirinya rusak bila kawat emailnya berwarna gosong (hitam). Cara mengetahui coil masih baik atau tidak: coil yang rusak bila diukur dengan multitester kedua ujungnya, jarum tidak bergerak atau tidak menunjuk skala / nilai tertentu, tandanya coil putus.  

  •  Langkah - langkah memperbaiki lampu hemat energi yang mati:
  1. Bongkar lampu dengan mencongkelnya, beda merek beda posisi mencongkelnya, untuk lampu merek Philips model tornado kebanyakan pada anak panah merah seperti gambar di atas, untuk merek lain biasanya di tengah-tengah nama mereknya. Bagi pemula biasanya mengalami kesulitan dalam mencongkel, tapi kalau sudah terbiasa mudah, oleh karenanya berhati-hatilah dalam mencongkel, jangan sampai tangan anda terluka, pakailah pelindung sarung tangan saat mencongkel.

  2. Periksa kaki filamen lampu dengan multitester pada skala 100 ohm, terminal positif atau negatif terbalik tidak masalah.  Untuk filamen yang bentuknya U kaki p1 dengan negatif terminal, kaki p2 dengan positif terminal atau sebaliknya, kemudian kaki p3 dengan negatif terminal, kaki p4 dengan positif terminal atau sebaliknya, jika jarum multitester pada pemeriksaan kedua-duanya bergerak berarti filamen bagus. Jika salah satu pemeriksaan saja yang bergerak jarumnya berarti salah satu filamen putus, buang di tempat yang aman filamen (kaca) yang putus tersebut. Ganti filamen yang putus dengan yang baru atau ganti dengan stok lampu mati lainnya yang masih baik filamennya jika ada.   Untuk filamen spiral/tornado ukur kaki filamen terdekat.  Agar tidak salah persepsi dalam menentukan jalur hubungan p1, p2, p3 dan p4, perlu dipahami tidak semua lampu LHE skema rangkaiannya sama.  Skema lampu LHE cara kerjanya mirip rangkaian inverter, output dari salah satu transistornya menjadi input bagi transistor lainnya.  Ada p2 dan p3 yang dihubungkan dengan milar stater sedangkan p1 terhubung dengan kedua output koil trafo.  Ada juga p2 dan p3 yang terhubung langsung dengan output koil trafo sedangkan p1 terhubung dengan milar starter yang terhubung dengan salah satu output koil trafo. 
  3. Periksa kapasitor milar apakah gosong atau tidak. Jika gosong lepas dengan solder dan ganti dengan yang baru yang nilainya sama, pemasangan kakinya boleh terbalik, jika tidak tahu nilai kapasitornya karena gosong, pakai saja milar H2J222J 630 Volt yang banyak dipasaran dan untuk milar staternya pakai saja H3A272J 1000 Volt, lebih tinggi nilai voltasenya (V) lebih baik.
  4. Periksa kapasitor elco apakah menggelembung, pecah bagian atasnya atau tidak. Jika tidak menggelembung atau tidak pecah bagian atasnya berarti elco masih baik. Ukur pula hambatannya menggunakan multitester (skala 10K) untuk memastikan, bila jarum bergerak menunjuk angka tertentu berarti elco masih baik, jika jarum tidak bergerak berarti elco sudah tidak baik, atau bila jarum bergerak meloncat-loncat tandanya elco sudah rusak.  Hati-hati ketika mengganti dengan elco yang baru, karena biasanya elco yang masih berada pada rangkaian lampu masih menyimpan sejumlah listrik statis, groundkan terlebih dahulu untuk menghilangkan listrik statisnya, dan pada saat memasang elco yang baru, pastikan polaritas positif negatifnya jangan sampai terbalik karena bisa meledak kalau terbalik, oleh karenanya sebelum melepas elco yang rusak catat letak kaki positif dan negatifnya.
  5. Periksa resistornya apakah ada yang pecah atau gosong bodinya, ukur dengan multitester apakah sesuai nilainya dengan warna cincin pada bodynya. 
  6. Periksa dioda, dioda jarang sekali rusak, meski saat diukur menggunakan multitester dengan terminal negatif atau positif bolak balik jarum bergerak, belum tentu menandakan dioda rusak karena skema rangkaian lampu berbeda merek kadang - kadang dibuat terhubung seperti itu. Langkah paling sederhana amati saja bodinya apakah gosong atau tidak.  Langkah yang lebih teliti, lepas dioda dari solderannya kemudian ukur dengan multitester dengan terminal negatif atau positif bolak balik bergantian, bila jarum bergerak kedua-duanya berarti dioda sort/rusak. Tapi langkah ini jarang dilakukan karena biasanya dioda masih dalam keadaan baik meski lampu sudah mati. Hati-hati ketika mengganti dengan dioda yang baru pastikan polaritas anoda katodanya jangan terbalik. Sebelum melepas dioda yang rusak, catat letak kaki anoda dan katodanya terlebih dahulu.
  7. Periksa transistor. Biasanya lampu LHE yang sudah mati, transistornya sudah tidak baik kondisinya meskipun tidak rusak dan masih bisa dipakai lagi untuk keperluan perangkat elektronik lainnya. Dianjurkan diganti dengan yang baru dan ganti juga kedua resistor terdekat yang terhubung. Tidak dianjurkan mengukur transistor saat masih terpasang pada rangkaian karena tidak akurat.  Langkah yang lebih teliti, lepas transistor dari solderannya ukur sesuai jenis transistornya apakah NPN atau PNP.  Berhati-hati ketika mengganti transistor yang baru karena beda merek transistor beda letak kaki emitor dan basisnya.  Transistor yang sering dipakai pada lampu neon bohlamp biasanya jenis NPN dengan seri 13001, 13003, 13005, 13007, dll.  Sebagai pedoman, cara menentukan kaki-kaki transistor: kaki basis terhubung dengan dioda yang ada gelangnya dan resistor yang mempunyai hambatan lebih besar, sedang kaki emitor terhubung dengan dioda yg tidak ada gelangnya dan resistor yang mempunyai hambatan lebih kecil, dan kaki kolektor selalu ditengah.  Cara menentukan kaki transistor baru seperti seri di atas: untuk menentukan kaki basis emitor pada transistor yang baru, caranya hubungkan kaki transistor paling kiri dengan terminal negatif multitester dan kaki colector yang ditengah dengan terminal positif multitester, jika jarum bergerak atau menunjuk skala tertentu tandanya kaki yang terhubung dengan terminal negatif multitester adalah kaki basis, sedangkan kaki yang tidak dites adalah kaki emitor.
  8. Periksa coil, apakah gosong atau tidak, ukur dengan multitester pada skala 100 ohm, jika jarum bergerak ke angka nol berarti coil masih baik, jika jarum tidak bergerak tandanya coil putus. 
  9. Jika lampu yang rusak sudah diperbaiki, jangan langsung ditest pada colokan langsung.  Buatlah rangkaian anti konslet: seperti gambar di bawah ini menggunakan 1 lampu bowlamp kuning 100 watt jangan kurang dari 100 watt, 1 jek , 1 saklar dan 2 pitingan lampu.  Bila saat ditest menggunakan rangkaian anti konslet, lampu yang rusak tadi menyala sedangkan lampu 100 watt tidak, tandanya berhasil, sebaliknya gagal.
Trik sebelum mengganti komponen yang mati:

Saya ambil contoh lampu philips genie 11 watt
  1. Bila tidak ada tegangan input pada dioda D1-D4, artinya resistor fuse R0 mati/putus
  2. Bila elco (CD) yang mati (menggelembung/pecah), cek tegangan output dioda (D1-D4), apakah dapat diukur dengan dc volt meter pada multitester.  Bila tidak dapat diukur dengan dc volt meter, artinya dioda jebol sehingga tegangannya berubah menjadi AC.
  3. Bila lampu berkedip, cek tegangan output elco, pastikan tegangannya antara  input PLN / sesuai output dioda sampai 400V tapi tidak lebih dari 400V, bila lebih dari 400V ganti elco.  Cek tegangan kaki-kaki transistor, colector-basis max 600v, colector-emitor max 300v, emitor-basis max 9v, arus pada colector max 1,5A, bila tegangan dan arus jauh dari harga tersebut, cek milar c1 dan c11, cek R1 dan R2.  Bila tegangan tidak jauh atau sama dengan harga tersebut cek c4, c5 dan c6
  4. bila lampu redup, cek tegangan seperti langkah nomor 3, cek semua milar
  5. bila lampu mati, selain pengecekan secara fisik komponen, apakah gosong/pecah, termasuk filamen, pengecekan tegangan juga harus dilakukan, urutan pengecekan sebagai berikut: cek tegangan AC input dioda, cek tegangan DC output dioda, cek tegangan DC output elco, cek tegangan DC output transistor, cek tegangan milar stater c5 
  6. Jangan buru-buru mengganti komponen sebelum mengecek semua tegangan input output komponen.
Komponen / spare part lampu hemat energi dapat dibeli secara online di Tokopedia melalui link dibawah ini
Mylar stater H3A272J 1000 Volt
Mylar H2J222J 630 Volt
Transistor MJE13003
Transistor MJE13001
Kapasitor keramik 4,7nf 2000 Volt

Elco 4,7uf 450 Volt
Dioda 1N4007
Resistor 24 Ohm 0,25 Watt
Resistor 33 Ohm 0,25 Watt
Resistor 510 K Ohm 0,25 Watt
Resistor SMD 1,5 ohm chip 1206
Resistor SMD 22 ohm chip 1206
Resistor SMD 33 ohm chip 1206
Komponen lainnya segera menyusul

Bagi yang belum punya akun di Tokopedia, daftar segera dan masukkan kode referral TPMUK4859 anda akan mendapatkan casback 50% maksimal Rp 30.000,- untuk pembelanjaan pertama kali.  Misalnya anda membeli barang di Tokopedia seharga Rp 60.000 belum termasuk ongkir, maka anda akan mendapatkan cashback sebesar Rp 30.000,- yang dapat anda gunakan untuk belanja lagi di Tokopedia.

205 comments:

  1. assalaamualaikum....hihi saya minat membaiki lampu neon...utk menambah pendapatan hehe buat belanja jajan anak....

    hehe...saya mau nanyak pak..saya kepengen banget cara membuat " rangkaian anti konslet" caranya utk membuat alat itu( rangkaian anti konslet)

    apa yg perlu alat yg di sediakan?

    mohon pencerahannya pak...terimakasih byk2.......di tunggu penjelasannya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa alaikum salam, alat yg dibutuhkan cuma kabel, jek, pitingan lampu 2 buah, lampu bohlamp kuning 100 watt; cara membuat: 2 pitingan lampu dirangkai seri dengan kabel seperti gmbr di atas, pitingan satu buat tempat bohlamp 100 watt, pitingan satunya lagi buat lampu yang diperbaiki, selamat mencoba

      Delete
  2. mau nanya nih om, untuk kedua lidah pitingnya apa terhubung ke pararel kabel (+) nya? mau coba takut konslet

    ReplyDelete
    Replies
    1. pitingannya dirangkai seri, lidah pitingan yang satu dihubungkan dengan ulir pitingan yang lainnya seperti gambar di atas yang sudah saya ganti, selamat mencoba

      Delete
    2. ok om sdh berhasil, minta tolong 1 lg om klo bisa buat tutorial beserta gambarnya ya om mana yg out travo dan mana out milar pd video ini https://www.youtube.com/watch?v=z1ccLmXENag

      Delete
    3. saya ambil contoh lampu philip tornado: output trafo selalu terhubung dengan kaki filamen p1, sedangkan output milar dua-duanya (kanan dan kiri) selalu terhubung dengan kaki filamen p4

      Delete
  3. Bro mau tanya...milar sm milar starter ...sama / tdk / cuma beda nilai kapasitornya....thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. milar: nama jenis kapasitor; milar stater: milar yg dipakai buat stater, posisinya selalu terhubung dengan kaki filamen P2 dan P3, nilai kapasitansinya juga lebih besar dibanding milar yang lain, dan voltasenya juga lebih tinggi 1600V atau lebih

      Delete
  4. ada gak toko spart pak lampu didepok jawa barat

    ReplyDelete
  5. artikel yang bagus ijin copas mas

    ReplyDelete
  6. Mantap mas,baru aja coba & berhasil,ganti elco & kapasitor miternya hangus,thnx's a lot mas

    ReplyDelete
  7. Klw filamen lampu sdh hitam,apa bs dignt dg neon biasa?
    Klw bs,apa bs dg neon biasa dg daya yg lbh tinggi?
    TQ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum pernah nyoba ganti filamen LHE dengan neon biasa, kayanya ribet harus ngrubah bentuk/dudukan neonnya mas, tapi idenya boleh juga buat LHE dengan neon panjang/donat, kapan-kapan deh coba.

      Delete
  8. http://andre-elektrik.blogspot.co.id/
    numpang promo blogspot :)
    thanks

    ReplyDelete
  9. Mas minta petunjuk....ane lg nyoba benerin philip.tornado 20 w...tp blm hidup juga...padahal komponen ganti semua....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Komponen yang diganti apa aja? coba cek filamennya ada gosong nggak, test pake multitester caranya seperti di artikel. dioda, elco, transistor jangan sampai kebalik posisi kakinya. milar stater sesuai aslinya atau voltasenya 2KV ke atas nilainya

      Delete
    2. Lampu 45watt saya pertamanya mati,setelah kaki tengah transistornya saya kasih resistor 10 ohm saya arahkan ke AC bisa nya tapi cuma separo terus kemudian bisa full tapi kok Ndak terang ya??mohon bantuannya 🙏makasih

      Delete
    3. Mas mau nanya saat dicek lampu nyala bunyi rŕrrrrr gitu apanya nya mhon pencerahan nya

      Delete
    4. Kapasitor/elco nya udah kering. Segera ganti elco nya pasti beres

      Delete
  10. Transistor mje13003,dioda,resistor,milar yg 473 1600v,trafo udahd ganti juga....tetep ga nya juga...lampu di tes k mesin lainnya ok nya juga mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. yakin nggak kebalik kaki-kakinya? philip tornado baik model lama atau model baru biasanya yang gampang rusak elco, semua milar, filamen biasanya putus satu. kalau semua diganti harusnya beres. kalau nggak beres, coba cek aliran listriknya mulai dari rangkaian penyearah, normal nggak outputnya, semua milar biasanya harus diganti juga meski tidak gosong apalagi milar yang warna biru atau coklat biasanya nggak gosong meski rusak, cek juga output listrik antar kaki transistor (awas hati-hati). perhatikan juga saat mengganti komponen terutama pas nyolder transistor yang kakinya berdekatan jangan sampai nempel solderannya bisa konslet

      Delete
  11. Transistor ga ke balik mas...cara cek alirannya pakai apa mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yakin sudah dicek, beda merek transistor, beda letak kaki emitor dan basisnya biarpun serinya sama. Ini yang kadang kita lupa, yang dilihat cuma arah hadapnya saja. Cek voltase transistor NPN pakai multitester kutub + kaki colector, kutub - emitor.

      Delete
  12. Lalu d belakang pcb nya ada capasitor SMD,itu saya ga ganti tp saya jumper
    Itu ngaruh ga mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi capasitor SMDnya masih baik, jadi pas dijamper nilai kapasitansinya malah berlipat/menurun (teori rangkaian paralel/seri kapasitor).

      Delete
    2. Oh...gitu....kira2 mas tau ga ukuran rata2 capasitor SMD untuk lampu brp ukurannya?

      Delete
    3. biasanya 47nF, 1nF, 22nF. cara paling mudah mengetahui pasnya, pasang aja salah satu, trus lihat nyalanya redup/terang/terang sekali. kalau redup berarti kurang besar nilainya, kalau terang sekali berarti terlalu besar nilai kapasitansinya.

      Delete
  13. Alternatif servis lampu hemat energi disini :

    http://andre-elektrik.blogspot.co.id/2015/10/memanfaatkan-tabung-neon-mati-reuse.html

    ReplyDelete
  14. kenapa setelah saya servis nyalanya gk terang ,,bisa kasih solusi

    ReplyDelete
    Replies
    1. komponen apa saja yang diganti? kalau cuma milar yang diganti, mungkin kapasitasnya lebih kecil daripada aslinya atau ada komponen lain yang short

      Delete
  15. oya mas,satu lagi kalau lampu servisan ada bahayanya gk si.....?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak ada bahayanya, cuma berpengaruh pada konsumsi wattnya lebih besar atau lebih kecil daripada lampu baru

      Delete
  16. yang saya ganti milar sama elko 400v ,lalu saya cek menggunakan anti konslet nyalanya berkedip terus dan saya coba hubungkan langsung nyalanya redup .saya menggunakan lampu 25 w tornado,terakasih sebelumnya.....''

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau milar dan elko yang diganti sesuai aslinya, kemungkinan transistor dan resistor di dekatnya sudah sort, coba ganti semua resistor yang dekat transistor, kalau nyalanya masih redup juga berarti transistornya sudah lemah dan harus diganti

      Delete
  17. iya mas dah terang setelah saya ganti transistr ,oya apa transiator tu fungsinya ntuk apa kenapa sangat berpengaruh dan satu lagi milar fungsinya untuk apa .....? .maaf ya mas kalau saya nanya terus hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. transistor fungsinya sebagai penguat tegangan dan arus listrik, milar fungsinya sebagai filter arus listrik dan menampung listrik sementara untuk mensuplay coil

      Delete
  18. tanya ni mas, kalau milar diganti sembarang, apa efeknya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau diganti dengan milar yang kapasitasnya dibawah aslinya akan menyebabkan nyala lampu menjadi redup, sebaliknya kalau kapasitas milar diatas aslinya akan menyala terlalu terang

      Delete
    2. Numpang tanya boss,, ini milar yang mana ya? Apa milar stater?

      Delete
    3. milar biasa, kalau milar stater harus diatas output transistornya agar tidak gosong

      Delete
  19. mas,untuk persamaan resistor fuse osram 23 watt.4,7 ohm di pasaran kuk sulit carinya,solusi di gnti brapa y yg umum di pasaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. fuse yang dibagian penyearah/rectifier bisa diganti dengan nilai berapapun, cuma berpengaruh pada arus inputan saja, kalau nilai ohmnya kecil maka arus inputannya besar, sebaliknya kalau ohmnya besar maka arus inputannya kecil

      Delete
  20. Sedia lampu hemat energi,murah dan bergarandi...wilayah lamongan,tuban,bojonegoro...hub 081252283525/553c1139

    ReplyDelete
  21. Tolong bng helmi share pin mau konsultasi

    ReplyDelete
  22. Bos beli komponennya di mana ya .. Rata2 toko elektronik gak jual ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau susah carinya, di akali saja nggak harus sama, misal ganti milar biasa pakai yang voltasenya 400V, kalau milar stater pakai yang 1600V keatas. kalau ganti dioda sesuaikan dengan amperenya. Kalau filamen lampu jarang ada yang jual memang, kalau beli biasanya partai besar 1 box minimal

      Delete
  23. Mas saya ganti milar koc setelah bolam 100watt nyala lampu jari juga nyala apanya yang rusak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ass,bolehkah sembarangan pasang resistor pada kaki transistor?dan berapa ukurannyya ohm?
      Terima kasih

      Delete
  24. Saya sering nyervis slalu begitu kadang belum saya saya cek ada bolam 100watt nyala jari juga nyala saya bingung mas

    ReplyDelete
  25. Thanks atas pemberitahuanya mas

    ReplyDelete
  26. mkasih mas, saya sangat senang karena bisa membaca artikel ini, sangat menarik,, apalagi mas juga tak tanggung untuk menjawab setiap pertnyaan,, saya mau tanya mas .. saya coba perbaiki lampi philips 50 watt, di kaki dekat yg menguhubungkan ke filamen itu ada komponen seperti dioda, saya coba ukur ngk naik walaupun di bolak baik kenapa ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu semacam kabel jumper tidak punya nilai, jadi diukur bolak balik tetep sama

      Delete
  27. Mas,klo lmpunya kdang nyala kadang nggak,apanya ya?kadang nyala klo saklarnya dihentak2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saklarnya yang bermasalah, coba ganti saklarnya. Kalau yang bermasalah lampunya ganti transistor sama milarnya.

      Delete
  28. mas saya mau nanya.. kemarin saya benerin 2 lampu
    - lampu yg pertama itu masih reduup".
    - kemudian benerin lampu yg kedua itu nyala tapi kedip kedip.

    kira" permasalahannya apa ya mas?

    terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo redup itu milarnya kurang besar specnya, kalau berkedip transistornya sort

      Delete
  29. Mas saya nh dikutai barat spert part klo dijawa apa bisa ditampilkan harga perkomponennyakah? Dan beli dalan satuan apa sehingga mudah?

    ReplyDelete
  30. Ada yang bisa stock komponen area nganjuk?

    ReplyDelete
  31. mas mau tanya nih, kalo lampunya pas dinyalakan ada bunyi sriik gitu kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada beberapa faktor yang menyebabkan bunyi sriiik, bisa jadi ada yang konslet atau frekuensi arus listrik pada rangkaian tidak stabil

      Delete
  32. mas numpang tanya tr 2482s apa bisa diganti dengan tr mj 1300... mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya nggak hafal specnya, cek kesini http://alltransistors.com/ kalau sama bisa dipakai

      Delete
    2. Askum mas hilmi tlng kasi solusi wat saya service philips tornado. R tempel hangus kira2 du ganti pake r gelang bisa gk ya trs lau bisa pake nilai yg brp.....?

      Delete
    3. Tlng mas ya kasi jwban wat saya

      Delete
    4. R SMD bisa diganti R gelang asal nilainya sama dan posisinya tdk mengganggu. tornado 12W kodenya SMD ini 220 330 1R5 684 334

      Delete
    5. Oh ya mas ..... Yg dimaksud smd di jemper itu di sambung lngsung ama kabel kah mas.....

      Delete
    6. jemper= mengambil sumber daya baik itu tegangan, arus, kapasitansi, dll dari sumber terdekat dengan kabel/kawat

      Delete
  33. Klau di ganti r gelang kira2 brp ohm untuk tornado 20 ampe 24 wat mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya nggak hafal specnya, kebetulan nggak punya yang 20 24 w

      Delete
    2. Ok trims mas helmi....! oh ya pean tau enggak yg jual tabung lampu' daerah lamongan.....?

      Delete
  34. Agar transistor ndak gampang jebol…. Kira2 apanya y

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek tegangan dan arus output dari bagian rectifiernya normal atau nggak, kapasitor dan resistor terdekat kalau kualitasnya jelek juga berpengaruh

      Delete
  35. Mas kira2 pa aj yang perlu di ganti agar balas lampu cina lebih awet

    ReplyDelete
    Replies
    1. buatan china memang begitu jarang ada yang awet, strategi marketing

      Delete
  36. Mas Helmi saya dari makassar. Di makassar saya belum menemukan servis lampu lhe. Saya sendiri kadang dpt job atau order ini. Sya sering pusing sendiri klu tdk menyala stlh di servis. Klu boleh minta CPnya atau miscall ke 085825368245. Yg jelas klu dpt order dan tdk nyala mau konsultasi. Nanti mas dpt imbalan balas jasa. Tq

    ReplyDelete
  37. Mas sy dr makassar. Saya sering dpt order servis lhe. D makassar tdk ada jasa servis lampu. Tp lampu klu sdh d servis tdk nyala pusing sejdiri tdk ada orang yg d ajak konsultasi. Klu boleh minta CPnya spy klu dpt order dan sulit bs konsultasi. Nanti mas dpt imbalan. Miscall aja ke 085825368245.tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru balas,
      wah nggak ada saingannya ya di makassar, saya belajarnya otodidak jadi kadang menemui yang seperti anda juga, tapi kalau diteliti tegangan dan arusnya ditiap input outputnya pasti ketemu mana bagian yang mati, mana yang sort

      Delete
  38. pak jika lampunya meledak apakah lampunya juga mengeluarkan api, soalnya saya takut sekali sama api

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum pernah menjumpai lampu servisan meledak, komponen yang gampang jebol itu elco tapi nggak pernah meledak kaya petasan, paling meletup atau hangus

      Delete
  39. makasih bang artikelnya sangat bermanfaat, mau tanya, kalo lampu sudah nyala terus tak cabut colok listriknya kemudian saya colok lagi nggak mau nyala, harus saya sentuh salah satu solderannya pake tespen baru nyala lagi.itu apanya yang rusak ya? terima kasih

    ReplyDelete
  40. @Irman NZ ...belum pernah menjumpai seperti kasus anda, mungkin ada komponen yang nilai hambatannya sort, jadi ketika disentuh tespen akan menambah nilai hambatan dalam rangkaian sehingga nyala, coba cek semua resistor

    ReplyDelete
  41. Mas helmi cara cek trafo yg short pa tidak. Gimana y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek fisik kawat emailnya gosong apa tidak, cek hambatan dua kawat outputnya bila jarum multitester bergerak berarti baik, cek juga dua kawat inputnya

      Delete
  42. untuk lampu jenis LED udah ada artikelnya belum mas?

    ReplyDelete
  43. Terimakasih mas artikel nya sangat membantu, tapi saya sedikit mau tanya mas kalau lampu LHE merk amasco 45W, kalau dicolokkan mati tapi kalau dipegang bolamnya nyala redup kira-kira rusak apanya ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin ulir pitingan dan ulir lampu tidak nempel atau ada salah satu komponen yang terpengaruh listrik statis dari lampu tersebut, jadi ketika anda pegang bolamnya, listrik statisnya berpindah ke tangan anda. Komponen yang mudah terpengaruh listrik statis adalah elco dan coil. Kalau redup biasanya milarnya sort

      Delete
  44. Enter your comment...Mas mau Tanya

    mesin klo di tes ,,yg nyala Lampu tes nya,,,,,apa penyakitnya ini Mas ,,,,,
    tlong infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. lampu bolam 100w yang nyala atau lhe nya, tolong diperjelas pakai bahasa di artikel saya

      Delete
  45. Mau tanya mas , komponen lampu philips resistornya hangus , apabila di ganti dgn warna pergelangan nya tidak sama apa akibatnya , trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau yang diganti resistor dekat transistor akibatnya tegangan dan arus output dari transistor akan lebih besar atau lebih kecil dari semula

      Delete
  46. Salam sejahtera mas, nih sama mau nanya, saya pnya lampu HE philips 23w
    Di rumah. Setelah saya bongkat Resistor SMD nya hangus semua mas, klo di tuker sama R gelang bisa ngk mas, terus tolong ya mas skalian berapa kah nilai R gelang yang cocock u/ gantiin R SMD yg lama terimakasih

    ReplyDelete
  47. pak alat komponen semuanya udah di rubah tapi kok msh gak nyala ya lampunya....???
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang dirubah komponen apa saja, pastikan filamen tidak putus, kaki transistor jangan sampai terbalik (beda merk beda letak kaki emitor basisnya)

      Delete
  48. Pak, caranya mengecek kapasitor milar starter dalam kondisi baik dengan menggunakan multimeter gimana pak? jarum e bergerak ato pak?
    Dan bagaimana pengaruh jika elco yang dipasang tidK sesuai dengan ukuran watt nya pak?

    ReplyDelete
  49. jarum tidak bergerak milar dalam kondisi baik, tidak gosong/pecah, mengganti elco dengan nilai voltase dan kapasitas yang tidak sama berpengaruh pada tegangan input ke transistor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dalam ballast komponen, ada banyak kapasitor millar.. Bisa tolong sebutkan kapasitor millar apa saja pak? N ciri n tempatnya gimana pak? Untuk membedakan saja. Terima kasih

      Delete
  50. Mas helmi. Mau tanya cara buka lampu lhe yg paling aman dan gak merusak plastik tempat komponen atau tabungnya gimana ya? Apa cukup pakai obeng ya atau ada bahan khusus buat lepas lem plastiknya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. body penutup komponen tidak dilem, hanya menggunakan kait pengunci, perlu berlatih bagi pemula untuk mencongkel menggunakan tespen/obeng, hafalkan tempat pengunci tersebut, beda merk beda letak, jika mencongkelnya tidak tepat di kait penguncinya pasti body plastiknya akan rusak, tancapkan obeng agak dalam tepat di kait pengunci, baru dicongkel pelan-pelan.

      Delete
  51. Bos mau nanya kalau p2 dan p3 tidak ada aliran listriknya kira² apanya yg rusak ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada beberapa merk lampu, P2 dan P3 tidak dihubungkan dengan milar stater, bila lampu yang anda tes seperti tersebut, cek coil yang terhubung dengan P2 dan P3 ada aliran listriknya atau tidak. Kalau antara P2 dan P3 dihubungkan dengan milar stater, cek milar staternya

      Delete
  52. Kalo p1 dengan p3 lampu nyala, tapi kalo p1 dengan p4 kok gak nyala itu apanya ya boss ??

    ReplyDelete
  53. Mau nanya nih boss,aku servis lampu hannochs ketika aku coba dengan bantuan rangkain test g mau nyala ketika dicolokkan p1 dan p4, tapi kalo dicolok ke p1 dan p3 baru nyala, itu yg salah apanya ya boss..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pahami jalur skema p1 p2 p3 dan p4, beda lampu beda skemanya. Kalau antara p2 dan p3 terhubung dengan milar stater, periksa milar staternya. Kalau p2 dan p3 terhubung langsung output koil trafo besar, periksa kedua output transistor tegangannya normal atau tidak, mungkin ada salah satu transistor yang mati/sort atau ada komponen terdekat salah satu transistor yang mati/sort

      Delete
  54. Sya mau tanya pak, sy prnah mencoba mengganti milar 223 j, dioda 4007, dan resistor yg bag. fuse...tp pas di coba resistornya meletup...kira-kira salahnya dimana?/.terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. watt fuse resistornya kekecilan atau kapasitas ampere fusenya kekecilan

      Delete
    2. Resistor smd untuk 52 Watt Philip brapaan ukurannya boss

      Delete
    3. maaf saya tidak hafal speknya, kebetulan tidak punya

      Delete
  55. Pengen belajar tapi saya bingung, gk mudeng dengan beberapa bahasa komponen nya,, bisa kah saya d bantu untuk memahami dg lbh jls mas helmi

    ReplyDelete
  56. Teeerrrrbbbaaiikk mulai dari 2014- sekarang... masi aktif dan membalas semua komentar

    ReplyDelete
  57. Saya susah untuk nyalakan jenis mesin philips 5 8W.....komponen udah tes baik2 saja,,tolong di bantu mas untuk sejenis yg saya sebut biasanya cendetung apanya yang shot,,,,,trm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan hanya komponen saja yg dites, tegangan juga harus dites. Kalau komponen baik-baik saja, biasanya pemasangan kaki transistor kebalik (beda merk beda letak kakinya). Coba pakai filamen lain, hidup apa nggak.

      Delete
  58. Mas mohon Infonya . Klo ukur teganganya gmn . Pke Volt DC apa AC . Klo DC nilai Rata2nya brp. Klo Ac brp.....!!!!! Trimaksih.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo sebelum rangkaian rectifier (penyearah) pake volt AC, kalo setelah rangkaian rectifier pake volt DC. Multitester stel di rank tertinggi sebab output transistor bisa lebih dari 600 volt

      Delete
  59. Oke Mas trimaksih Banyak....!!!!

    ReplyDelete
  60. Mas mau Tanya lg . Saya lg Bnerin lampu 45 Watt . Komponen yg Mati TRANSISTORnya . Transistor Dua-Duanya Udah saya ganti sama R tahananya yg Untuk Basis sama Emitornya . Tp nyalanya hanya berkedip sekali doang trus mati lg . Tlg kasih Solusinya Mas !!!!! Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelum ganti komponen sebaiknya cek tegangan output dari dioda dan elco. Kalau berkedip kemungkinan pertama transistornya kena, mungkin kaki-kakinya kebalik (beda merk beda letak kaki emitor basisnya), cek tegangan output kaki transistornya. Kemungkinan kedua milarnya kena, cek pakai esr meter.

      Delete
  61. Terbaik ..baru nemu ada yg nanya di jwab semua..sehat selalu pak..terimakasih udah berbagi ilmunya

    ReplyDelete
  62. mau nsnya mas lampu udah diservice.dites kerangkaian anti konslet lampu nyala dua duanya.dioda sebelum elco dah diganti masih gitu juga rusak apanya ya kira-kira?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah dicoba tanpa rangkaian anti konslet? kalau masih tidak nyala, biasanya salah satu transistornya atau milarnya kena

      Delete
  63. Mau tanya mas untuk lampu 45w tegangan teganganya berapa aja y mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk dc output dioda, pastikan dibawah kapasitas elco. Untuk output transistor, cek datasheet di alltransistor.com / atau google saja. Untuk tegangan filamen, pastikan dibawah kapasitas milar starter.

      Delete
  64. Makasih infonya gan. Nimau tanya lagi gan apakah TR 13005 kalau dikasih 13007 berpengaruh atau tidak untuk 45w lampu dan letak kaki kakinya itu apakah sama

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti berpengaruh, 13007 outputnya lebih besar ketimbang 13005, kapasitas milar stater yang dipakai juga harus diatasnya supaya tidak hangus. Beda merk beda letak kaki basis dan emitornya, cek pakai multitester sebelum dipasang

      Delete
  65. salam kenal mas, kalo tegangan outputnya skitar 50 volt dc kira2 ada pada lampu berapa watt? dan pada jenis lampu led atau neon? trims penjelasannya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 50 volt mengukurnya dibagian komponen apa? kalau lampu LHE/neon membutuhkan tegangan tinggi agar berpendar, mungkin yang dimaksud lampu led

      Delete
  66. Mau Tanya mas cara pasang kaki transistor dari type yg berbeda bgmn caranya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau yg dimaksud type NPN diganti type PNP, maka harus membalik polaritas plus dan negatifnya. Untuk transistor NPN seperti gbr diatas, kalau PNP emitor dapat polaritas +, sedangkan colector dapat polaritas - , polaritas dioda yg bukan di rangkaian rectifier juga harus dibalik. Kalau yg dimaksud hanya beda merk tinggal cek letak kaki emitor dan basisnya

      Delete
  67. Bang kl milar 2j273 pada mesin philips 70 watt kok susah nyarinya ya??apa bisa diganti dengan nilai milar yg lain??mohon pencerahannya bang..trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa diganti milar yg lain dicoba saja, kalau kurang terang berarti kurang besar specnya, kode 2j berarti max 630V

      Delete
  68. Terbaik... Dan sangats bermanfaat..
    Semoga berkah untuk semua..
    Amiiiiinnnn

    ReplyDelete
  69. Om kalo lampu hidupnya hanya merah itu apa sebabnya ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin filamennya sudah mau putus atau ada penyebab lain, coba saja dites berapa volt output trafo atau milar staternya

      Delete
  70. Maap om lam knl..saya minarto di lmpung

    ReplyDelete
  71. Om kalo lampu tes 23 w buat ngtes mesin di bawah ukuran itu bisa gak...misalnya 11 w

    ReplyDelete
    Replies
    1. kl mesin 23w buat ngetes filamen 11w bisa sj, terang banget mungkin. kl sebaliknya mungkin redup

      Delete
  72. Om kalo lampu led merk hanock berkedip sekali lalu mati..apa sebabnya ya..elco dah saya ganti tp lom ada tanda khidupan

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek tegangan semua komponen utama, urut dari penyearah dan seterusnya, sesuaikan skema lampunya, yg tidak ada tegangannya ada kemungkinan sort

      Delete
  73. Mas Helmi mau nanya...gmn cara untuk mengukur dioda jenis DIAC trigger/dioda jenis arah bolak balik dengan multitester...?trims sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. panjang jelaskannya mending baca sendiri disini tutorialnya http://www.androiderode.com/how-to-test-diac/

      Delete
  74. Saya mau tanya om. . Klw lampu dihidupkan tdk langsung hidup, kaya ada jeda berapa dtik gitu baru hidup itu kira2 apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan ada kapasitor yg lemah, coba cek milar sama elco

      Delete
  75. Mas mau nanya nih berapa nilai output dari trapo atau kalau dicek yg bagus itu tegangan diantara kaki di p1 , p2, p3, p4 yg normal berapa ya tegangannya , bolehkah di tes tanpa kaca lampu

    ReplyDelete
    Replies
    1. output trafo tergantung transistor yg dipakai, bisa dicek tanpa filamen terpasang.

      Delete
  76. Mas mau tanya, contoh kasus lampu hanok jumbo 45w pada pcb nya tertera no resistor dari r1-r6.. Apabila TR nya mati, r no brp aja yg harus diganti? Mohon pencerahannya..thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang diganti resistor yg terhubung dengan kaki emitor dan basis TR yg mati, maaf baru sempat balas komen

      Delete
  77. Salam kenal mas dr sultra,,mau nanya mas gini di rmh byk lmpu pribadi hmpir 70watt smua,z bru bljar servis lmpu jika z hbungkan kabel lmpu ac positif negatif mnggunakan multimeter jarumnya brgerak,,btw komponen" ap sj yg shorc mas.z sdh ganti fuse,transistor sm dioda tp blum nyala jg.makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. milarnya coba dicek, biasanya sort meskipun tidak gosong

      Delete
    2. Makasih byk mas lampunya udah nyala smua,,mau nanya lg mas klau lampu PHILIPS 70watt stiap di on kan sekering/fuse lngsung mledak,itu karena apa mas...

      Delete
    3. mungkin fusenya kurang besar kapasitasnya atau ada komponen lain yg konslet

      Delete
  78. Mantap mas Helmi.
    Salam kenal Adhi dr banjarnegara.
    Artikel lampu LED kapan naik?😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga mas Adhi, belum punya lampu LED yg rusak, kapan kapan kalau ada lampu LED rusak, saya buat artikelnya

      Delete
  79. Salamat pagi bosss....mau tanya ni???
    Disetiap berbagai macam merk jenis lampu (LHE jari)sebenarnya daya wat nya itu menganut pada rangkaian komponennya atau menganut pada filamen tabungnya???misal ada lampu LHE jari berdaya 5wat..Nah yg berdaya 5wat itu sebenarnya rangkaian komponennya atau filamen tabung nya??? Jika yg berdaya 5wat itu adalah rangkaian komponennya bukan filamen tabungnya,apa bisa filamen tabung yg di 5wat tadi di pasang ke rangkaian yg bedaya 10wat 18wat dan seterusnya!!!apa filamen tabung itu harus ber daya sama dg daya rangakaian komponennya?terimakasih ditunggu jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daya lampu LHE itu konsumsi listrik dari lampu tersebut, jadi konsumsi komponen dan filamennya ditotal misalnya 5 watt. Filamen lampu 5 watt bisa dipakai pada lampu 10w/18w/lainnya, tentunya perlu memodifikasi posisinya krn beda ukuran/bentuknya. Nyala lampu akan lebih terang, tapi tidak akan awet jika dipakai pada lampu yg kapasitasnya lebih besar.

      Delete
  80. Terimakasi balasan penjelasaannya guru....
    Lalu bagaimana cara memodifikasi posisinya guru???misalnya filamen lampu 5wat agar aman di pasang ke rangkaian wat yg lebih besar.??

    Experimen servis lampu sendiri saya sudah berhasil dg cara mengikuti panduan dr blog guru ini...dan saya ingin mendalami lgi makanya saya bertanya tentang misal filamen lampu 5wat di pakai ke rangkaian yg watnya lebih besar....maka dari itu mohon bimbingan guru cara memodifikasi posisinya agar filamen lampu 5wat tersebut aman di rangkaian yg wat nya lebih besar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesuaikan dengan lampunya saja, kalau lubang filamennya lebih besar perlu lem kaca/plastik agar kuat dudukan filamennya. Aman-aman saja dimodifikasi, silahkan dicoba saja.

      Delete
  81. Bang gimana cara cek tegangan lampu lhe,menggunakan skala Ac/Dc,dan di mana meletakkan jarum multitesternya waktu mengecek tegangan,misal ngecek tegangan TR?? Trima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk rangkaian sebelum penyearah dioda (rectifier) gunakan skala AC. Untuk rangkaian setelah rectifier gunakan skala DC. Cara paling mudah letakkan probe negatif multitester pada kutub negatif elco, sedangkan probe positif multitester pada titik titik yang akan dites tegangannya

      Delete
  82. Mas mau nanya apanya ya kalau dinyalakan lampu redup terus bunyi rrrr gitu mohon pencerahannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah saya gNti tr semua zama elco 400v.. coba ganti milar nya sama gak ada perubahan

      Delete
    2. Lampu redup biasanya milarnya lemah atau kapasitasnya dibawah aslinya. Bunyi rrrr menandakan tegangan yg mengalir ke filamen tidak stabil, coba cek filamen gosong atau tidak, ukur juga hambatan dan tegangan pada filamen, cek milar stater dan semua milar.

      Delete
  83. Prof. DR. Helmi Arifianto, saya adalah seorang pemula dan sangat tertarik dengan Elektronika terutama service LHE, hampir 80% pertanyaan Sy terjawab disini, sy mempunyai beberapa pertanyaan : seberapa bahaya mengecek semua Komponen didalamnya Dan berapa voltase minimum Yg dpt menyetrum manusia, terima kasih, salaam hangat.

    ReplyDelete
  84. Mas saya bingung mau menentukan resistornya
    Klok 34 watt biasanya pkek resistor brapa ohm ?

    ReplyDelete
  85. Mas klo filamenya pake milik 11w pcbnya pke 18w pngaruhnya ap y?

    ReplyDelete
  86. Apa bisa dioda lampu di pakai untuk travo 5a ?? Mohon bantuannya

    ReplyDelete
  87. Mas klo LHE Philips 18W nyalanya sekitar 1jam setelah saklar di on. Itu kerusakannya dmn y mas? Trs klo Milar starter di ganti dgn volt di bawah aslinya, apa yg terjadi y mas? Makasi sebelum n sesudahnya.

    ReplyDelete
  88. Mau nanya ni gan, kalau lampu dinyalakan pada posisi awal/pertama nyala tp begitu dinyalakan lagi gak bsa nyala itu apanya yg rusak gan? Tks atas jawabannya

    ReplyDelete
  89. Ikut
    t belajar pak
    Wa 0853
    36267589

    ReplyDelete
  90. Pengen bisa servis lampu pak minta bimbinganya

    ReplyDelete
  91. Mas Helmi.. Untuk lampu helix 52 watt biasanya rusak bagian apanya, apakah bisa mesin 65 watt dipasang di 52 watt, kalau ada referensi yang jualan komponen untuk Helix 52 Watt, terima kasih sebelumnya mas Helmi.

    ReplyDelete
  92. Bisa yang penting nilai kapasitor elconya di naikkan

    ReplyDelete
  93. permisi master saya mau tanya klo resistor smd helik 52 watt berapa ohm dri kode d pcbnya mulai dri r6 sd r11
    terimakasih

    ReplyDelete
  94. Mas saya masih pemula,saya bongkar lampu kawachi 45 w, filamen lampu oke,elco ngembung saya ganti dengan ukuran yang sama,saya coba pasang lampu dan di hidupkan ternyata kongslet. Amper turun, tolong bantuannya

    ReplyDelete
  95. sy merasakan manfaatnya, sdh sering coba servis berhasil nyala. terahir mengalami masalah yg belum dimuat di hal ini:
    berhasil nyala tapi setelah panas dimatikan tdk bs hidup lg. bs nyala lg klo sdh dingin. kira yg perlu diganti apany ya Gan... thank

    ReplyDelete
  96. sy berniat buka servisan, apa bs order spearpatnya Mas..? kaca, Milar Elko dll.

    ReplyDelete
  97. Mas minta no WA nya dong mau konsultan!!..

    ReplyDelete
  98. Gan,,,sy mau nanya apa fungsi DB3/diac pd rangkaian lhe?!dan klo DB3 konslet/putus apa dampaknya pd lhe?

    ReplyDelete
  99. Maaf untuk smua pertanyaan yang blm sempat dibalas. Mohon ditunggu, efek covid-19. Sing sabbarrrr...

    ReplyDelete
  100. Maaf semuanya karena lama sekali tidak aktif di blog. Baru buka blog, ternyata banyak pertanyaan masuk. Untuk itu saya mengundang anda semua pembaca blog ini untuk bergabung di grup facebook "Opreker Lampu Hemat Energi" agar lebih mudah dalam bertukar pikiran, sharing pengalaman, dsb.

    ReplyDelete
  101. Ass mas,
    Saya mau tanya mas, klo mesin lampu di tes malah antikonslet yg nyala terang, itu apanya yg rusak ?
    Transistor, resistor, dioda baru semua?

    ReplyDelete
  102. Misi bos , kalau kaca lampunya di ganti pakai led smd bisa gak yahh

    ReplyDelete
  103. Misi bos , kalau kaca lampunya di ganti pakai led smd bisa gak yahh

    ReplyDelete
  104. Maaf bos mau nanya gmn cara yg gampang mencari titik RE dan titik RB pada mesin lampu lhe 45 watt

    Makasih....

    ReplyDelete
  105. Oke Bos ! Nanya ini, kalau lampu LHE yang biasanya pakai 220 Volt diubah ke 12 Volt tanpa pakai inverter bisa Bos ? Teririmakasih penjelasannya !

    ReplyDelete