Jan 7, 2018

Mengatasi Netbook Lenovo S10-3 Layar Gelap Setelah Beberapa Saat Menyala

Kali ini saya akan berbagi pengalaman mengenai cara memperbaiki netbook Lenovo s10-3 yang layarnya gelap setelah beberapa saat menyala.

Netbook Lenovo s10-3 yang saya tangani ini menggunakan OS Windows 7 Ultimate.  Kasusnya adalah netbook bisa menyala normal sampai windows selesai loading tampilannya hingga dekstop tampil semua menu, tapi hanya beberapa saat saja tampilannya kemudian menjadi gelap.  Kipas pendingin terdengar masih berputar tandanya mesin masih bekerja.

Berikut langkah-langkah yang saya lakukan untuk memperbaikinya.  Pertama-tama saya coba booting menggunakan Linux (Mint) melalui usb Flashdisk.  Tujuan booting menggunakan Linux melalui usb flashdisk adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan kerja netbook ketika booting menggunakan Windows 7 langsung dari harddisk, dengan booting menggunakan Linux melalui usb flasdisk. 

Saat booting menggunakan Linux melalui usb flashdisk, netbook dapat hidup lebih lama, bisa sampai 30 menitan, tapi ketika saya mencoba mengklik beberapa menu untuk mengetes netbook ini, tampilannya tiba-tiba menjadi gelap, sama seperti saat menggunakan OS Windows 7.  Saya menduga ada komponen yang sudah lemah, perkiraan saya komponen yang lemah adalah RAM, chip VGA, Prosesor, Harddisk, LCD atau komponen IC pada mainboard.

Dari beberapa komponen yang saya kira sudah lemah, saya coba memilih mengganti modul RAM dengan RAM yang lain terlebih dulu.  Perlu diketahui untuk netbook ini menggunakan RAM DDR3 pc10600.  Setelah saya ganti RAM lalu saya nyalakan netbook dan memilih booting menggunakan Windows 7 langsung dari harddisk.  Hasilnya netbook sama saja seperti sebelumnya, tetap gelap setelah beberapa saat menyala.  Artinya modul RAM netbook ini tidak masalah, tapi ada komponen lain yang bermasalah.

Kemudian saya coba mengganti harddisk dengan hardisk lain yang sudah terinstal OS Windows.  Hasilnya netbook dapat menyala normal, alhamdulillah akhirnya ketemu penyebabnya.  Benar saja, harddisk yang saya ganti tersebut kemudian saya test menggunakan aplikasi HD Tune pada laptop lain, dan hasilnya memang sudah lemah ketika saya coba scan tidak selesai, bahkan malah tidak terdeteksi pada windows.

Demikian sedikit pengalaman yang dapat saya bagikan kepada pembaca sekalian.  Apabila pembaca sekalian menjumpai kasus seperti ini, pembaca sekalian bisa berbagi pengalamannya pada blog ini karena mungkin penyebabnya bisa berbeda-beda.  Tapi trik ini bisa dicoba untuk mengetahui penyebab erornya netbook khususnya Lenovo seri s10-3 seperti yang saya tangani.

No comments:

Post a Comment