Jan 8, 2018

Memperbaiki Notebook Dell Inspiron 1210 Mini Selalu Tampil Jendela PopUp Klik Kanan

Kali ini saya akan berbagi pengalaman memperbaiki notebook dell inspiron 1210 mini yang selalu muncul jendela popup klik kanan.

Ceritanya begini, saat bekerja menggunakan notebook dell inspiron 1210 mini tiba-tiba muncul jendela popup klik kanan.  Padahal saya sama sekali tidak mengklik kanan pada touchpad.  Bila saya mengklik kiri pada area kosong di layar, jendela popup tersebut tetap muncul tidak bisa hilang.  Kemudian saya coba menggunakan tombol escape (Esc) pada keyboard untuk menghilangkan jendela popup tersebut.  Jendela popup sempat hilang beberapa saat, tapi muncul kembali dengan cepat.  Padahal waktu itu saya sedang membutuhkan notebook untuk pekerjaan mengetik, sungguh menjengkelkan sekali.

Saya pikir touchpad khususnya pada bagian tombol klik kanan sudah rusak sehingga memunculkan jendela popup klik kanan terus menerus.  Kemudian saya coba lepas keyboard terlebih dulu agar kabel fleksibel touchpad dapat saya lepas karena letaknya tepat dibawah keyboard.  Maksudnya saya tidak akan memfungsikan touchpad pada notebook, tapi akan menggunakan mouse usb eksternal saja untuk pekerjaan klik kiri dan klik kanannya.

Setelah kabel fleksibel touchpad saya lepas dan keyboard sudah terpasang lalu saya colokkan usb mouse dan menyalakan notebook dell inspiron 1210 mini.  Hasilnya ternyata masih sama saja, tetap muncul jendela popup klik kanan terus menerus.  Perkiraan saya salah, ternyata bukan touchpad yang bermasalah, tapi ada komponen lain yang bermasalah.

Saya mengira-ira mungkin keyboard notebook yang menjadi penyebabnya.  Lalu saya coba lepas keyboard notebook dan memasang kembali kabel fleksibel touchpad.  Maksudnya saya akan menggunakan keyboard usb eksternal saja sebagai pengganti fungsi keyboard notebook.

Ternyata benar, setelah saya menggunakan keyboard eksternal, tampilan di layar notebook normal, tidak muncul jendela popup klik kanan.  Alhamdulillah... sekarang pekerjaan mengetik bisa lancar, tidak terganggu meskipun harus menggunakan keyboard eksternal.  Rencananya akan saya belikan keyboard baru yang harganya sekitar 125 ribuan.

Sekian posting dari saya mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca sekalian.

No comments:

Post a Comment