Jan 9, 2018

Memperbaiki Lenovo E10-30 Start Menu dan Folder Explorer Jalan Terus

Kali ini saya akan berbagi pengalaman memperbaiki netbook lenovo E10-30 yang kasusnya pada Start Menu dan Folder Explorer jalan terus tidak mau diam.

Kasusnya seperti ini, ketika saya mengklik tombol Start Menu baik itu menggunakan OS Windows maupun Linux, semua menu yang ada terpilih satu per satu berurutan terus menerus tidak mau diam berhenti.  Pada Menu Folder Explorer juga sama, ketika berada pada jendela Folder Explorer, semua file dan folder terpilih satu per satu berurutan terus menerus tidak mau berhenti.

Tentu saja ini sangat mengganggu aktivitas komputasi,  kasus ini penyebabnya adalah kalau tidak keyboardnya yang rusak atau hanya sekedar kotor karena debu, atau mungkin touchpadnya yang rusak .  Hal pertama yang saya lakukan adalah membersihkan keyboard dengan penyedot debu atau memblowernya dengan angin dalam keadaan netbook mati.  Karena kasusnya masih terjadi, lalu saya berniat melepas dua komponen itu.  Karena keyboard lebih duluan harus dilepas, jadi saya langsung copot saja keyboard netbook dan sementara menggunakan keyboard usb eksternal.

Benar saja ketika keyboard asli netbook dilepas dan menggunakan keyboard eksternal, netbook sudah berjalan normal, tidak seperti sebelumnya yang Start Menu dan Folder Explorernya berjalan terus.  Memang keyboardlah yang menjadi penyebabnya, akhirnya saya belikan keyboard yang baru, dan netbook dapat digunakan seperti biasa.


No comments:

Post a Comment