Apr 8, 2015

Partikel ni

Kali ini kita kan belajar menggunakan partikel ni dalam bahasa jepang

!Petunjuk:
Partikel ni artinya ke / di / di dalam
Partikel ni bila dipakai setelah kata kendaraan artinya naik (mengendarai)
Partikel ni bila dipakai setelah angka artinya waktu / jam
Huruf o dibaca seperti pada kata kota
Huruf ie tetap dibaca ie
Huruf ai tetap dibaca ai
Huruf e pada kata iie, Asatte dibaca seperti pada kata becak
Huruf e pada kata ikimasen, densha dibaca seperti pada kata es




A: Shigoto ni ikimasu ka? しごとにいきますか?
dibaca : shigoto ni ikimas ka? : apakah kau akan (pergi) ke tempat kerja?

B: Hai, ikimasu はい、いきます
dibaca : hai, ikimas : ya, aku akan (pergi)

B: iie, ikimasen  いいえ、いきません
dibaca : iie, ikimasen : tidak, aku tidak (akan pergi)
kata iie  いいえ dibaca agak panjang (2 vokal) pada huruf i nya


Kyou wa jidousha ni norimasu きょうはじどうしゃにのります
dibaca: kyou wa jidousha ni norimas : hari ini saya akan naik taksi/mobil


Mai asa, densha ni norimasu まいあさ、でんしゃにのります

dibaca: mai asa, densha ni norimas : aku naik kereta tiap hari (pagi)

Ashita, Basu ni norimasu あした、ばすにのります
dibaca: ashita, bas(u) ni norimas : besok saya naik bis
pada kata basu dibaca  bas dengan bunyi huruf u yang disamarkan menjadi huruf e atau dihilangkan
Asatte hikouki ni norimasu 明後日飛行機に乗ります
dibaca: asatte hikouki ni norimas : besok lusa aku naik pesawat

sichi ji ni okimasu しちじにおきます : aku bangun pukul tujuh
 
Pelajaran bahasa jepang lainnya:

No comments:

Post a Comment