Apr 9, 2015

Keterangan Waktu



Kali ini kita belajar mengenai keterangan waktu dalam bahasa jepang

!Petunjuk: 
Keterangan waktu + tempat/kegiatan + ni + kata kerja (pergi)

Huruf o dibaca seperti pada kata kota 
Huruf ou dibaca tetap ou
Huruf oi dibaca tetap oi

Kyou : hari ini
Kino : kemarin
Ashita : besok
Asatte : besok lusa
Ototoi : kemarin lusa
Bentuk konjugasi (lampau, sekarang, yang akan datang): 
ikimasu : pergi 
ikimasen : tidak pergi
Ikimashita : pergi (waktu sudah lampau)
Ikimasen deshita : tidak pergi (waktu sudah lampau)


Kyou shigoto ni ikimasu きょうしごとにいきます
dibaca : kyou shigoto ni ikimas : hari ini aku pergi bekerja

Asatte eki ni ikimasen あさってえきにいきません
dibaca : asatte eki ni ikimasen : besok lusa aku tidak pergi ke stasiun

Kino eki ni ikimashita 昨日えきにいきました
dibaca : kino eki ni ikimashita : kemarin aku pergi ke stasiun

Ashita shigoto ni ikimasu あしたしごとにいきます
dibaca : ashita shigoto ni ikimas : besok aku pergi bekerja



A: Ototoi ginkou ni ikimashita ka? おとといぎんこうにいきましたか?
dibaca : ototoi gingkou ni ikimashita ka? : apakah kemarin lusa kamu pergi ke Bank?

B: Hai, ikimashita はい、いきました
dibaca : hai, ikimashita : ya, kemarin lusa aku pergi ke Bank

B: Iie, ikimasen deshita いいえ、いきませんでした
dibaca : iie, ikimasen deshita : tidak, kemarin lusa aku tidak pergi ke Bank

A: Kino resutoran ni ikimashita ka? 昨日レストラン にいきましたか?
dibaca : kino restoran ni ikimashita ka? : apakah kemarin kamu pergi ke restoran ?

B: Hai, ikimashita
dibaca : hai, ikimashita : ya, kemarin pergi ke restoran

B: Iie, ikimasen deshita 
dibaca : iie, ikimasen deshita : tidak, kemarin tidak pergi ke restoran 

Pelajaran bahasa jepang lainnya:
Perbedaan penggunaan partikel wa dan partikel ga

No comments:

Post a Comment