Aug 29, 2018

Berbagi Pengalaman Tracking K Vision Menggunakan Parabola Mini

Kali ini saya akan berbagi pengalaman tracking channel K Vision pada satelit Measat 3A KU-Band menggunakan parabola dish mini.

K Vision yang menempati satelit Measat 3A KU-Band ternyata mempunyai siaran free to air (FTA) yang lumayan banyak.  Ada sekitar 34 channel baik lokal maupun channel luar negri.  Beam siaran satelit Measat 3A KU-Band dapat menjangkau seluruh wilayah Indonesia meskipun di tiap daerah berbeda intensitas sinyal yang diperoleh.  Channel K Vision bisa menjadi alternatif selain Ninmedia untuk masyarakat Indonesia khususnya yang tidak memungkinkan menerima siaran televisi lokal menggunakan antenna UHF karena faktor letak geografis.  Atau bagi pemirsa yang menginginkan siaran televisi digital dengan gambar yang lebih jernih dan berkualitas.

Channel lokal pada saluran K Vision yang free to air diantaranya:
TVRI, RTV, ANTV, Indosiar, Trans TV, Trans 7, SCTV, TV ONE, Metro TV, Kompas TV, Net TV, Berita Satu, INTV,  dll minus siaran dari MNC Group (MNCTV, RCTI dan Global TV).

Channel luar negri pada saluran K Vision yang free to air diantaranya:
Quran Saudi, NHK World, CCTV, CCTV4, Channel News Asia, Russian Today, dll.

Untuk mendapatkan siaran tersebut, atur settingan pada receiver dengan transponder 12436/H/30999 dan 12436/V/30999.  Parabola menghadap ke arah barat agak serong ke barat laut dengan kemiringan berbeda beda di tiap daerah tergantung letak geografis.  Arahnya berdekatan dengan arah Ninmedia sedikit ke kiri dari Ninmedia.

Bisa juga digabungkan dengan Ninmedia menggunakan 2 LNB KU Band.  Cara menggabungkan K Vision (Measat 3A) dan Ninmedia (Chinasat 11) sebagai berikut:
  1. Untuk polaritas vertikal, letakkan LNB untuk Ninmedia pada tiang fokus utama,  sedangkan LNB untuk K Vision tepat diatasnya.
  2. Untuk polaritas horizontal, letakkan LNB untuk Ninmedia pada tiang fokus utama,  sedangkan LNB untuk K Vision disebelah kanannya sejajar jarak beberapa centi meter saja tergantung ukuran dish yang dipakai.
  3. Atau kombinasi dari keduanya.
Contoh seperti yang saya lakukan menggabungkan Ninmedia dengan K Vision
 Saya memilih polaritas horizontal untuk Ninmedia dan K Vision.


Tracking satelit SES 9 KU Band
Berbagi pengalaman tracking Ninmedia

No comments:

Post a Comment