Jan 22, 2018

Memperbaiki Laptop ACER 4732Z Mati Total

Kali ini saya akan berbagi pengalaman memperbaiki laptop ACER aspire 4732Z  dalam kondisi mati total.

Laptop ACER mati total banyak sekali penyebabnya, tapi saya hanya akan berbagi pengalaman pada kasus laptop ACER yang saya tangani saja.  Laptop ACER 4732Z yang saya tangani dalam kondisi mati tanpa lampu led menyala sama sekali.  Kadang-kadang lampu led hijau bisa menyala tapi hanya sebentar kurang dari 1 menit lalu mati lagi.

Pertama-tama yang saya lakukan adalah melepas baterai lalu membuka semua baut bawah casing laptop.  Ada kesulitan saat pertama kali membongkar casing, karena ada dua baut/sekrup tersembunyi yang berada tepat disebelah engsel kanan dan kiri yang tertutupi oleh bulatan karet atau lokasinya berada di atas baterai.  Satu-satunya cara untuk melepas kedua baut yang tersembunyi tersebut adalah dengan mencongkel bulatan karet penutupnya sehingga kedua baut tersebut dapat terlihat.  Saya kesulitan sewaktu mencongkel bulatan karet tersebut, saya akali saja pakai solder yang sudah panas untuk melubangi bulatan karet tersebut baru kemudian saya congkel.  Namun cara ini tidak saya sarankan jika laptop yang kita tangani bukan milik kita sendiri, karena nantinya baut tersebut tanpa penutup lagi.

Setelah kedua baut tersembunyi tersebut dapat dilepas, saya lepas keyboard beserta kabel fleksibelnya, dan semua kabel-kabel yang menancap pada pada mainboard termasuk kabel wifi pada modul wifi adapter, lalu bongkar casing atas, lcd laptop, hardisk, dvdrom, wifi adapter.  Setelah itu melepaskan mainboard dari casing dan modul power switch on/off dari penutup casing atas.  Setelah mainboard terlepas, saya letakkan mainboard pada meja servis dan memberi alas plastik atau tatakan non konduktor lainnya.  Berikutnya memasang kabel fleksibel modul power switch on/off pada mainboard.

Langkah selanjutnya saya colokkan jack adaptor charger pada stop kontak listrik dan output adaptor pada jack conector dc mainboard, kemudian saya ukur input dan output tegangan pada ic terdekat jack conector dc, yakni ic U2 (AO4407A) seperti yang saya tandai panah merah pada gambar dibawah.

Ketika saya ukur tegangan input pada pin 1, 2 dan 3, saya mendapati tegangan sama seperti output dari adaptor yakni sebesar 19,5 volt.   Tetapi ketika saya ukur tegangan output pada pin 5, 6, 7 dan 8 ternyata hanya terukur 0,1 sampai 0,2 volt saja.  Saya beranggapan bahwa ic U2 sudah rusak.  Kemudian saya copot ic U2 yang rusak tersebut, lalu saya ganti dengan ic yang baru.

Setelah penggantian ic yang baru, saya ukur kembali input dan output ic U2 tersebut.  Saya mendapati kedua input dan output tegangannya sama yakni sekitar 19,5 volt dan lampu led menyala, kipas juga berputar, tandanya mesin hidup.  Kebetulan laptop yang saya tangani ini kerusakannya hanya pada ic power saja, jadi mudah memperbaikinya.

Untuk kasus laptop acer aspire 4732z yang kondisinya mati total, yang penyebabnya bukan seperti laptop yang saya tangani,  bisa dicari penyebabnya dengan mengukur tegangan-tegangan kerja pada laptop tersebut.

Perlu diketahui, pada laptop acer 4732z ada beberapa ic yang mensuply tegangan kerja yang diperlukan laptop ini.  Data yang saya peroleh: IC BQ24745 merupakan ic charger baterai laptop.  Jadi apabila laptop ini kasusnya tidak bisa mengisi baterai, kemungkinan ic tersebut rusak.

IC TPS51124 merupakan ic pembangkit tegangan kerja 1,05V dan 1,8V.  IC TPS51125 merupakan ic pembangkit tegangan kerja 5V dan 3,3V.  IC ISL6266A merupakan merupakan ic pembangkit tegangan kerja 0,35V dan 1,5V pensuply tegangan ic ICS9LPRS365BKL (ic core).  IC RT9018 merupakan ic pembangkit tegangan kerja 1,8V dan 1,5V.

Selain ic tersebut, laptop acer 4732z mati total bisa juga dikarenakan BIOS motherboard yang rusak programnya (corrupt) atau ic BIOSnya yang memang mati.  IC BIOS bawaan laptop ini adalah dari pabrikan SST seri 25VF016B, bisa juga diganti dengan ic dari pabrikan Winbond seri W25X16AVSSIG.  Tidak disarankan mengganti ic BIOS selain seri tersebut.  Saya pernah mencoba mengganti ic BIOS untuk laptop acer 4732z ini dengan ic dari pabrikan Winbond dengan seri yang lain.  Hasilnya laptop malah error, bisa hidup sih tapi selalu gagal masuk windows.

Demikian yang bisa saya bagikan semoga bermanfaat.  Apabila membutuhkan sparepart laptop acer aspire 4732z, anda dapat membelinya pada website Tokopedia melalui link dibawah ini.

IC SST25VF016B
IC AO4407A
IC ICS 9LPRS365BKL
Kapasitor SMD Tantalum 330uf 2,5V
Kapasitor SMD 4,7uf 10V
Kapasitor SMD 22uf 6,3V
Kapasitor SMD 1uf 10V
Untuk komponen lain segera menyusul

Bagi yang belum punya akun di Tokopedia, daftar segera dan masukkan kode referral TPMUK4859 anda akan mendapatkan casback 50% maksimal Rp 30.000,- untuk pembelanjaan pertama kali.  Misalnya anda membeli barang di Tokopedia seharga Rp 60.000 belum termasuk ongkir, maka anda akan mendapatkan cashback sebesar Rp 30.000,- yang dapat anda gunakan untuk belanja lagi di Tokopedia.

3 comments: