Dec 10, 2017

Review Netbook Dell Inspiron Mini 10

Dell Inspiron Mini 10 tergolong Netbook yang cukup tangguh.  Hal ini sudah saya buktikan sendiri sejak tahun 2007 sampai sekarang netbook ini saya pakai tiap hari rata-rata 4 jam dan netbook ini masih baik-baik saja.

Netbook dell inspiron mini 10 yang saya pakai ini ditenagai oleh prosesor intel atom N280 dan didukung RAM 1GB DDR2 667MHz.  Ditambah ruang penyimpanan hardisk yang cukup lega untuk ukuran waktu itu meski hanya 250 GB merk samsung dan masih bisa diupgrade jika kurang lega.


Dengan layar lcd 10,1 inch, netbook ini praktis dibawa kemana-mana meskipun tidak lebih ringan dibanding netbook dari pabrikan lain.  Selain itu ada tas softcase bawaan yang bisa dijinjing.  Tambahan fitur webcam 1,3 mega pixel cukup buat chating dengan kolega meski untuk ukuran sekarang pixelnya tergolong ketinggalan.

Untuk urusan baterai, dell tergolong bandel, netbook yang saya pakai ini belum pernah ganti baterai.  Kondisi baterai saat ini baru drop setelah 10 tahun pemakaian, itupun masih dapat menyimpan listrik dan masih dapat bertahan selama 30 menitan sebelum dicolok listrik lagi, lumayanlah meski ada niat untuk ganti baterai baru.

Fitur lain yang cukup penting adalah adanya LAN, wifi, bluetooth untuk koneksi internet dan perangkat lain.  Tambahan fitur sdcard reader, vgaout untuk presentasi menggunakan proyektor, jack earphone, jack microphone dan usb port sebanyak 3 buah sangat mendukung kebutuhan komputasi sehari-hari.

Namun netbook ini bukannya tidak memiliki kekurangan.  Banyak kekurangan yang saya temukan pada netbook ini.  Menurut saya harganya cukup mahal waktu pertama kali saya beli di tahun 2007 di harga kisaran 3 jutaan.

Selain itu, susah saat hendak mengupgrade memori (RAM) netbook ini karena letaknya ada dibawah mainboard dan RAM tidak bisa dicopot dengan mudah karena harus membongkar semuanya termasuk mainboard untuk dapat mengganti RAM.  Tidak seperti netbook dari pabrikan lain yang dapat diganti RAMnya dengan mudah cukup dengan membuka casing penutup RAM dibawah netbook.  Batas mengupgrade RAM netbook ini adalah 4GB RAM DDR2 667MHz.  Untuk RAM bawaan menggunakan chip dari manufaktur NANYA yang cukup bandel.

Saat digunakan untuk browsing khususnya pada website yang berat seperti youtube, netbook ini mengalami delay atau lag pada tampilan video karena hanya ditenagai RAM bawaan 1GB.  Perlu upgrade RAM agar optimal saat browsing.

Saat ingin mengganti hardisk juga susah, harus melepas keyboard lebih dulu.  Sayangnya netbook ini tidak dilengkapi kipas untuk pendingin.  Panas yang berlebih dari prosesor, hardisk, RAM dan chip-chip yang lain disalurkan melalui casing bawah dan casing atas dekat keyboard.  Sehingga ketika digunakan dalam waktu yang cukup lama, tangan yang menempel pada casing/frame akan merasakan panas.  Diperlukan tambahan pendingin eksternal (cooler) agar netbook ini bisa bekerja lebih optimal.











No comments:

Post a Comment