Nov 3, 2017

Potong Jalur TV Sony KLV-32EX33A

Kali ini saya akan berbagi pengalaman service TV Sony 32" type KLV-32EX33A khususnya kerusakan gambar double atau berbayang.

Kebetulan saya mendapati tv sony dengan kerusakan gambar double atau berbayang setelah dinyalakan beberapa saat.  Kadang sampai 1 menit baru gambar double, kadang sampai 3 menit baru kemudian gambar double.

Kasus tv seperti ini umumnya disebabkan oleh dua hal.  Yang pertama board T-CON tidak bekerja secara baik, tepatnya jalur kanan dan jalur kiri tidak simetris tegangannya.  Penyebab yang kedua jalur di dalam panel layar baik jalur kanan dan jalur kiri mengalami kerusakan, sehingga jalur kanan dan jalur kiri di dalam panel tidak simetris tegangannya.

Lantas bagaimana cara memperbaikinya?

Untuk kasus kerusakan tv gambar double yang disebabkan oleh T-CON yang tidak bekerja dengan baik, dapat dianalisa kerusakannya dengan cara mengecek seluruh tegangan baik jalur kanan dan jalur kiri T-CON.  Setelah menemukan perbedaan tegangan pada jalur kanan dan kiri, misalnya tegangan VCOM di jalur kanan dan jalur kiri berbeda, kita dapat mengecek komponen terdekat yang berurutan dengan titik pengetesan VCOM sampai ke ic dc-dc converter atau transistor supply dc terdekat VCOM.  Pengecekan tegangan dapat dimulai dari jalur konektor pada kabel fleksible.  Pada konektor kabel fleksibel sebelah kanan, tegangannya harus sama dengan konektor kabel fleksibel sebelah kiri pada titik pengetesan yang sama misalnya tegangan VCOM.

Untuk kasus kerusakan gambar double yang disebabkan oleh jalur di dalam panel yang rusak dapat diatasi dengan dua cara.  Yang pertama mengganti panel yang rusak dengan panel yang baru, tentunya cara ini mengeluarkan biaya yang lebih.  Cara yang kedua adalah dengan memotong salah satu jalur kanan atau jalur kiri yang menuju ke panel pada konektor kabel fleksible.  Cara yang kedua ini jauh lebih murah biaya yang dikeluarkan, tapi dengan konsekuensi prosentase kegagalan yang lebih tinggi.

Saat saya mendapati kerusakan tv seperti ini, pertama-tama saya melakukan pengecekan tegangan-tegangan pada T-CON.  Saya mendapati tegangan-tegangan pada T-CON baik jalur kanan dan jalur kiri, tegangannya sama.  Artinya T-CON dalam kondisi baik, dan dapat dikatakan tegangan pada jalur kanan dan jalur kiri T-CON simetris.  Kemudian saya mengambil kesimpulan bahwa yang menyebabkan gambar double adalah jalur di dalam panel yang rusak.  Akhirnya saya memutuskan untuk melakukan pemotongan salah satu jalur ke panel.

Bagaimana cara memotong jalur yang baik?

Berdasarkan pengalaman saya, sebelum melakukan pemotongan jalur, cek kondisi tv bagian body atau frame belakang pada kondisi tv dinyalakan.  Cek suhu permukaan frame belakang tv setelah tv dinyalakan beberapa lama (5 - 15 menit).  Bagian permukaan frame belakang sebelah mana yang suhunya paling panas?  Apakah dibagian atas, bawah atau sebelah kanan atau kiri?  Saya meyakini bahwa yang menyebabkan permukaan frame belakang suhunya lebih panas adalah karena adanya kerusakan panel pada area tersebut.  Setelah yakin frame sebelah mana yang suhunya paling panas, barulah saya melakukan pemotongan jalur ke panel sesuai petunjuk pada suhu frame belakang. 

Saat saya melakukan pengecekan suhu frame belakang tv, saya mendapati suhu paling panas ada pada bagian kiri atas frame belakang (melihatnya dari  frame/body belakang), jadi kalau dari depan layar tv ada disebelah kanan atas.  Kemudian saya melakukan pemotongan jalur kiri ke panel seperti gambar yang saya lingkari merah dibawah ini

Saya memotong sebanyak 12 jalur pada jalur sebelah kiri.  Awalnya saya ragu saat akan melakukan pemotongan jalur pertama kali, takutnya salah potong jalur.  Namun akhirnya saya tekadkan saja dan yakin kalau analisa saya benar.  Kemudian saya melakukan pemotongan 1 jalur dimulai dari jalur sebelum VCOM yang tegangannya di titik itu 0,1 volt dan saya nyalakan tv sambil amati perubahannya, ternyata gambarnya masih double.  Kemudian saya mantap meneruskan memotong jalur kedua dan ketiga, tepatnya jalur VCOM yang bercabang dua, kalau tidak salah pada jalur tersebut tegangannya 7,1 V dan hasilnya gambar sudah tidak double lagi, tapi minus garis horizontal setiap 1 cm.  Lalu saya meneruskan memotong beberapa jalur disebelahnya, kalau tidak salah itu merupakan jalur ckvb1 dan ckvb2 yang tegangannya sekitar 7,8 V dan 7,9 V, dan saya amati hasilnya di layar garis horizontalnya berkurang per 3mm.  Terus saya potong saja jalur disebelahnya kalau dihitung total 12 jalur sampai tepat dibawah huruf antara c dan s pada test point vcst dimana ada tegangan Voff -7V dan -11V disana, dan hasilnya gambar lebih halus meskipun terasa masih ada yang kurang menurut saya,  ya wajarlah lha wong cuma satu jalur yang bekerja.

Setelah saya amati tv dalam kondisi menyala, pada kondisi gambar syutingan jarak dekat terlihat gambar lebih detil dan halus, namun pada kondisi gambar syutingan jarak jauh terlihat gambar blur.  Saya tidak tahu mengapa bisa seperti itu.  Saat ini saya coba mencari pemecahan masalah untuk gambar sedikit blur setelah melakukan pemotongan jalur tersebut.  Artikel ini akan terus saya update sampai saya mendapatkan hasil yang maksimal.

Saran saya ketika melakukan pemotongan jalur kanan atau kiri, lakukan pemotongan jalur VCOM yang bercabang dua terlebih dulu, baik dimulai dari jalur kanan lebih dulu atau jalur kiri lebih dulu, kemudian lihat hasilnya saat tv dinyalakan.  Bila gambar masih double, sambung kembali jalur VCOM yang terpotong tersebut.  Baru kemudian lakukan pemotongan jalur VCOM pada jalur yang satunya.  Bila gambar masih double juga, jangan lanjutkan pemotongan jalurnya karena artinya panel benar-benar telah rusak.

Artikel lainnya:
Mengatasi TV SONY KLV-32EX33A lampu led kedip 5x

5 comments: