Apr 11, 2015

Partikel de



Kali ini kita belajar menggunakan partikel de dalam bahasa jepang

!Petunjuk:
Keterangan tempat + de + kata kerja + wo + shimasu
Partikel de bila dipakai setelah kata tempat artinya di
Partikel de bila dipakai setelah kata benda bukan tempat artinya menggunakan (benda)
Huruf ou tetap dibaca ou
Huruf d dibaca cedal
Huruf e pada kata de, benkyou, depato, deshita dibaca seperti pada kata becak
Huruf e pada kata shimasen, kouen dibaca seperti pada kata es
Huruf o dibaca seperti pada kata kota
Konjugasi (bentuk lampau, sekarang, yang akan datang)
shimasu : melakukan sesuatu
shimasen : tidak melakukan sesuatu
shimashita : melakukan sesuatu (waktu sudah lampau)
shimasen deshita : tidak melakukan sesuatu (waktu sudah lampau)


uchi de benkyou wo shimasu うちでべんきょうをします
dibaca : uchi de bengkyou wo shimas : aku belajar di rumah

kaisha de kaigi wo shimasu かいしゃでかいぎをします
dibaca : kaisha de kaigi o shimas : aku rapat di kantor

kouen de jogingu wo shimashita こうえんでじょぎんぐをしました
dibaca : kouen de joging wo shimashita : aku jalan-jalan di taman

depato de kaimono wo shimasen deshita でぱとでかいものをしませんでした
dibaca : depato de kaimono o shimasen deshita : aku tidak belanja di department store

Pen de  e wo kakimasu ペンで絵をかきます
dibaca: Pen de e o kakimasu : aku menggambar menggunakan Pena

Pelajaran bahasa jepang lainnya:
Perbedaan penggunaan partikel wa dan partikel ga

No comments:

Post a Comment