Mar 28, 2015

Cara mengatasi Elektrik Stater Yang Kurang Jreng Karena Motor jarang Dipakai

Sepeda motor yang jarang dipakai akan menyebabkan setrom aki tidak maksimal karena tidak ada pengisian arus listrik kembali oleh alternator di dalam mesin.  Sementara aki basah maupun aki kering, baik motor dipakai atau tidak dipakai, akan mengalami proses reaksi kimia yang menyebabkan lapisan plat dalam aki akan tertutupi gelembung-gelembung udara atau lapisan sulfat yang menyebabkan aliran arus listrik terhambat.  Pengisian setrom aki kembali bertujuan menghilangkan gelembung-gelembung udara yang menutupi lapisan plat dalam aki sehingga arus listrik dapat mengalir dengan lancar.

Elektrik stater membutuhkan supply arus listrik yang besar untuk menghidupkan mesin.  Bila arus listrik dalam aki kurang maksimal, bisa dipastikan elektrik stater tidak akan bisa menghidupkan mesin.  Penggunaan elektrik stater yang terus menerus atau terlalu lama malah dapat menyebabkan aki cepat soak.  Sebaiknya elektrik stater hanya boleh dilakukan penekanan paling lama 5 detik.  Bila mesin belum mau hidup, penekanan dihentikan dulu, gerakkan/dorong motor maju mundur untuk membebaskan gigi penghubung ke motor stater, tunggu kurang lebih 5 detik, baru diulang kembali dan seterusnya.  Dianjurkan bila dalam 3 - 4 kali penekanan, mesin belum hidup maka harus ganti menggunakan kick stater.

Tips menggunakan elektrik stater:
  1. Saat pertama kali menghidupkan kunci kontak motor tunggu kurang lebih 5 detik untuk memberi waktu arus listrik dari aki mengalir ke semua jaringan kabel listrik motor.
  2. Cobalah untuk menghidupkan lampu sein (reting) atau klakson terlebih dulu untuk memastikan arus listrik cukup tersedia, bila lampu tidak menyala dengan terang atau klakson tidak berbunyi nyaring menandakan arus listrik dalam aki kurang mencukupi.  Oleh karenanya jangan menggunakan elektrik stater tapi pergunakanlah kick stater untuk menghidupkan mesin.
  3. Bila lampu menyala terang atau klakson berbunyi nyaring, tunggu 5 detik untuk memberi waktu jeda aki mengalirkan arus listrik kembali.
  4. Lakukan penekanan tombol elektrik stater seperti cara di atas.
Apabila penggunaan elektrik stater seperti cara yang dijelaskan di atas, kita tidak perlu takut aki cepat rusak karena kapasitas aki telah dirancang cukup untuk penggunaan ini.  Malahan kalau tidak pernah dipakai, kemungkinan elektrik stater menjadi macet.

Artikel terkait lainnya:
Cara mengatasi honda revo susah distater saat mesin dingin 
Cara mengganti oli mesin honda revo sendiri

1 comment: