Sep 15, 2018

Tracking Satelit SES 9 KU Band

Satelit SES 9 berada pada posisi 108.2^E bujur timur.  Satelit ini beamnya berlimpah untuk wilayah Indonesia.  Pada satelit ini ada 2 transponder yang dapat di lock dari Indonesia yakni 11024 V/H 15675 transponder yang dulunya milik  TV Desa dan 11101 V/H 45000 transponder milik Matrix Garuda KU yang baru-baru ini mencoba siaran melalui satelit SES 9 dan menjadi perbincangan hangat (viral) di jagat persatelitan Indonesia saat ini karena menayangkan siaran dari channel-channel premium yang biasanya berbayar.

Atur settingan LNB freq pada receiver, pilih Universal (9750 - 10600).  Pada transponder 11024 V/H 15675 milik TV Desa terdapat kurang lebih 9 channel TV lokal diantaranya:
ANTV, Indosiar, TV One, MetroTV, Net TV, SCTV, Trans TV, Trans 7, Berkarya 7 TV

Sedangkan pada transponder 11101 V/H 45000 milik Matrix Garuda KU terdapat kurang lebih 40 channel TV lokal dan channel premium luar negri meskipun masih bersifat test transmision.  Ke-40 channel tersebut ada yang free to air (FTA) ada yang berbayar (ada tanda $ nya).

Channel yang saat ini masih FTA diantaranya:

Matrix TV, TVRI Sport, ANTV, RTV, Trans TV, Trans 7, Kompas TV, Qur'an TV, Sunnah TV, Bein Sport 1, Bein Sport 2, Bein Sport 3,  Nick JR, MY KIDS, Gold Diamond, Black Diamond, My Cinema, My Family, MTV Asia, Celestial, KIX, Thrill, Sony One, GEM, AXN, TVN, Nat Geo, Zee Bioskop, Nat Geo Wild, FOX, Fox Family, Fox Life, Fox Movie, Fox Action

Channel yang saat ini berbayar (ada simbol $ nya) diantaranya:
Fox Sport 1, Fox Sport 2, Fox Sport 3, Liga 1 Gojek, Piala Indonesia.

Satelit SES 9 KU Band mudah dilock menggunakan dish parabola mini, semudah Ninmedia atau K Vision, bahkan bisa digabungkan dengan keduanya.  Untuk menggabungkan ketiganya tersebut, cukup lock Ninmedia saja, baik menggunakan polaritas vertikal maupun polaritas horizontal, yang lainnya tinggal mengikuti saja cara berikut.

Bisa menggunakan salah satu dari langkah berikut:
  1. Lock Ninmedia menggunakan polaritas vertikal.  Caranya letakkan LNB Ninmedia berada pada tiang fokus utama, kemudian atur posisi LNB untuk K Vision tepat di atasnya LNB Ninmedia, sedangkan LNB SES 9 sedikit dibawah LNB Ninmedia.  
  2. Lock Ninmedia menggunakan polaritas horizontal.  Caranya letakkan LNB Ninmedia berada pada tiang fokus utama, kemudian atur posisi LNB K Vision berada sejajar di sebelah kanan (arah utara) LNB  Ninmedia, sedangkan LNB SES 9 berada sejajar di sebelah kiri (arah utara) LNB Ninmedia.
  3. Atau kombinasi dari keduanya.

Contoh seperti yang saya lakukan menggabungkan Ninmedia dan SES 9 (gambar diambil ke arah timur laut)
Posisi dish parabola menghadap ke utara sedikit miring ke barat laut.  Posisi LNB Ninmedia berada di tiang fokus utama, sedangkan LNB SES 9 berada di sebelah kirinya sejajar lurus menghadap ke dish.
Saya memilih polaritas Horizontal untuk Ninmedia dan juga SES 9.  Pada posisi tersebut saya mendapatkan intensitas signal 92% dan kualitas signal 80% semuanya.
Perlu diketahui, saat melakukan blind scan transponder 11101 V/H 45000 frekuensi atau ratenya akan berubah otomatis menjadi 11101 V/H 44994.  Ini akan menyebabkan channel pada transponder tersebut tidak muncul meskipun kualitas signalnya penuh.  Oleh karenanya, setelah melakukan blind scan pertama, rubah 11101 V/H 44994 menjadi 11101 V/H 45000 kemudian lakukan blind scan kembali.  Ini juga berlaku bagi yang semula berhasil melakukan blind scan pertama dan mendapatkan channel tapi kemudian channel menghilang.

Update per tanggal 22 September 2018
Semua channel pada transponder 11101 V/H 45000 berubah menjadi berbayar alias pay to view.  Agar dapat menonton tayangannya wajib beli receiver Matrix Garuda Hijau.  Konon katanya gratis tayangan premium selama 1 tahun.  Sekedar info, harga receiver Matrix Garuda KU Hijau pada beberapa toko online mulai 300 ribuan.

Update per tanggal 5 Oktober 2018
Channel yang Free To Air (FTA) hanya 4 channel: Matrix TV SD, Matrix TV, Kompas TV, MNC Shop.  Channel yang lain berbayar / Free To View (FTV).

Tracking Ninmedia satelit Chinasat 11
Tracking K Vision satelit Measat 3 A

No comments:

Post a Comment